Senin, 26 Februari 2018

Cerita Seribu Dua Ribu

Beberapa hari yang lalu.

ketika dalam perjalanan menuju rumah,saya mendapati tukang es cincau. Hmmm kayaknya enak nih siang-siang, cuaca panas cetar, minum es cincau.

Saya memberhentikan laju kendaraan. Mendekati si bapak penjual untuk memesan 2 bungkus es cincau. Sambil antre,saya melihat seorang ibu paruh baya membayar es cincau yang sudah dipesannya dengan uang Rp. 5.000,00, kemudian dikembalikan Rp. 1.000,00 oleh si bapak penjual. Artinya,harga sebungkus es cincau adalah Rp. 4.000,00.

Dua bungkus es cincau pesanan saya sudah jadi. Sayapun sudah menyiapkan uang pas sebesar Rp. 8.000,00. Namun agar lebih pasti,saya bertanya kepada si bapak penjual berapa harga yang harus saya bayarkan.

Tak disangka.. si Bapak malah bilang "sepuluh ribu, Bu!" untuk 2 bungkus. Owh.. agak kaget sih saya. Tapi.. yowis.. saya ambil lagi uang dua ribu rupiah dari dalam dompet. Kemudian saya kasihkan uang ke bapak penjual sebesar yang dipinta olehnya. Hehehe.. saya enggak tega mau ngomong "kok harganya beda,pak?"

Dilain waktu...

Duluuuu....

Saya suka membeli donat di abang-abang yang lewat depan rumah. Harganya lima ribu rupiah untuk 3pcs. Eh kata temen,harganya 1pcs itu seribu lima ratus. Hahaha.. yowis.. saya enggak papa...

Ada lagiiii....

Bubur kacang hijau saya beli dengan harga lima ribu rupiah untuk satu mangkuknya. Kata teman,harga aslinya empat ribu. Wkwkwkk... saya enggak papaaa...

Baru-baru ini...

Saya membeli bubur ayam tiga bungkus ditambah satenya di tujuh tusuk. Harga untuk satu porsi bubur ayam adalah delapan ribu rupiah dan harga untuk satu tusuk sate adalah dua ribu.


Jika membeli 3 porsi bubur ayam ditambah 7 tusuk sate berarti
3x8000 = 24.000
7x2000= 14.000
Jadi total yang seharusnya saya bayar adalah 38.000

Tapi tapiiii...
Kemaren kata si bapak penjual. Bubur 3 porsi 25.000 ditambah sate 15.000. Jadi 40.000.

Saya agak loading sesaat. Kok harganya aneh ya. 25.000 dibagi 3. Berapakah harga seporsi bubur ayam? Lalu berapakah harga untuk satu tusuk sate? 

Yowis.. saya enggak papaaaa....

#onedayonepost
#ODOPbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^