Rabu, 30 November 2011

==Maka Jadilah==

Aku kok tiba-tiba pengen nulis tentang perkembangan janin dalam rahim yah...??? Mungkin naluri alamiah kali ya...http://www.smileycodes.info

Yang Petama, pasti kita bicarakan dulu tentang air mani. Karena tanpa air mani,sel telur ga akan bisa dibuahi.. Ya gak??? http://www.smileycodes.info


Selama persetubuhan, 250 juta sperma terpancar dari si ayah. Sperma-sperma itu melakukan perjalanan yang begitu sulit dalam tubuh si ibu sampai menuju sel telur. Hanya seribu dari 250 juta sperma yang berhasil mencapai sel telur. Sel telur, yang berukuran setengah dari sebutir garam, hanya akan membolehkan masuk satu sperma. Artinya, bahan manusia bukan mani seluruhnya, melainkan hanya sebagian kecil darinya. Ini dijelaskan dalam Al-Qur'an :

"Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus? Bukankah ia hanya setitik mani yang dipancarkan?" (Al Qur'an, 75:36-37)


Cairan yang disebut mani tidak mengandung sperma saja. Cairan ini justru tersusun dari campuran berbagai cairan yang berlainan. Cairan-cairan ini mempunyai fungsi-fungsi semisal mengandung gula yang diperlukan untuk menyediakan energi bagi sperma, menetralkan asam di pintu masuk rahim, dan melicinkan lingkungan agar memudahkan pergerakan sperma.

Yang cukup menarik, ketika mani disinggung di Al-Qur'an, fakta ini, yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan modern, juga menunjukkan bahwa mani itu ditetapkan sebagai cairan campuran:

"Sungguh, Kami ciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan." (Al Qur'an, 76:2)

Di ayat lain, mani lagi-lagi disebut sebagai campuran dan ditekankan bahwa manusia diciptakan dari "bahan campuran" ini:

"Dialah Yang menciptakan segalanya dengan sebaik-baiknya, Dia mulai menciptakan manusia dari tanah liat. Kemudian Ia menjadikan keturunannya dari sari air yang hina." (Al Qur'an, 32:7-8)

Kata Arab "sulala", yang diterjemahkan sebagai "sari", berarti bagian yang mendasar atau terbaik dari sesuatu. Dengan kata lain, ini berarti "bagian dari suatu kesatuan". Ini menunjukkan bahwa Al Qur'an merupakan firman dari Yang Berkehendak Yang mengetahui penciptaan manusia hingga serinci-rincinya. Yang Berkehendak ini ialah Pencipta manusia.

Ketika sperma dari laki-laki bergabung dengan sel telur wanita, intisari bayi yang akan lahir terbentuk. Sel tunggal yang dikenal sebagai "zigot" dalam ilmu biologi ini akan segera berkembang biak dengan membelah diri hingga akhirnya menjadi "segumpal daging".

Namun, zigot tersebut tidak melewatkan tahap pertumbuhannya begitu saja. Ia melekat pada dinding rahim seperti akar yang kokoh menancap di bumi dengan carangnya. Melalui hubungan semacam ini, zigot mampu mendapatkan zat-zat penting dari tubuh sang ibu bagi pertumbuhannya.

Di sini, pada bagian ini, satu keajaiban penting dari Al Qur'an terungkap. Saat merujuk pada zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu, Allah menggunakan kata "alaq" dalam Al Qur'an:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari 'alaq (segumpal darah). Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah." (Al Qur'an, 96:1-3)

Arti kata "alaq" dalam bahasa Arab adalah "sesuatu yang menempel pada suatu tempat". Kata ini secara harfiah digunakan untuk menggambarkan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah. 

Tentunya bukanlah suatu kebetulan bahwa sebuah kata yang demikian tepat digunakan untuk zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu. Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa Al Qur'an merupakan wahyu dari Allah, Tuhan Semesta Alam.


Waaah sungguh luar biasa tahapan dalam rahim ibu ya.. ini baru tahap awal,belum ketika segumpal daging itu menjadi tulang belulang yang dibungkus oleh otot-otot.  Kemudian saat janin ditiupkan ruh...http://www.smileycodes.info


Subhanallah...
betapa logika tidak mampu menyaingi keimanan...

Selasa, 29 November 2011

\(o,o)/ MaKaNaN PokoKKu....


Jadi sudah dapat dipastikan makanan pokokku mulai saat ini adalah
MADU dan SARI KURMA


Mmmhhhmmm... awalnya sih aku kurang begitu suka sama madu dan sari kurma. Alasannya itu yang pertama,madu tuh rasanya maniiiiis banged, ya walaupun agak asem-asem dikit setelah beberapa kali  minum. Kalo sari kurma itu aku kok ngerasainnya ga seenak buah kurmanya ya? Aku lebih suka buahnya langsung daripada dijadiin minuman gitu. 

Terus alasan yang kedua,bentuknya itu loh kenyel-kenyel gimanaaaa gitu. Agak aneh aja ngerasain di dalem mulut.http://www.smileycodes.info

Tapi…. kok madunya kayaknya tinggal setengah botol ya dari ukuran 500 gram? Padahal belinya baru 4 hari yang lalu deh. Katanya kurang suka…???

Hooo… hehehe… aku jadi malu. Yaaa mau gimana lagi yaa… sekarang madu dan sari kurma bagiku udah kayak cemilan. Tiap pengen ngemil ya mereka berdua lah yang masuk ke dalam perutku. Setelah dirasa-rasain dengan sepenuh hati rasanya enak juga kok.  Ga kalah dengan spaghetti.http://www.smileycodes.info 

Lagian nih yaa,,madu dan sari kurma itu baguuuuus banget untuk kesehatan. Di dalam madu itu salah satunya terdapat nutrisi yang dapat mencegah pembelahan sel kanker. Jadi mengkonsumsi madu secara rutin dapat mencegah kanker loooh…  
Tapi bukan KANtong KERing yaaa…http://www.smileycodes.info


Mudah-mudahan semuanya sehat… Pintar…  Lancar sampai Lahiran… Aamiin…
Aamiin Yaa Robbal'aalaamiin....



Senin, 28 November 2011

:: Ga BoLeH caPeK-caPeK ::

Pokoknya kata suamiku,,aku tuh harus istirahat,ga boleh capek-capek,ga boleh masak dulu,,ga boleh nyuci baju dulu,minum madu yang banyak,kalo mau aktivitas baca buku ajah....


Haduh-haduh suamiku ini,,sayang banget yah sama istrinya. Padahal kan istrinya ga sakit.http://www.smileycodes.info


Ehmm,,,tapi gapapah deh demi menjaga yang memang harus dijaga.
Semoga nanti sore pas periksa  ke Dokter udah ada yang kecil-kecil item gitu... Aamiin... 

Aamiin ya Allah...http://www.smileycodes.info
Walaupun telat,,
gapapa yah mau ngucapin...





Happy Islamic new Year 1433 H




  • Semoga umat islam dapat bersatu bersama-sama membangun Negara Indonesia tercinta ini.
  • Semoga tidak ada lagi perseteruan yang dapat memecah kerukunan sesama umat muslim
  • Makin maju dan tambah sukses
Aamiin....

Sabtu, 26 November 2011

"MaKa BerGeMbiRaLaH"

Teman-teman pasti merasakan ya,, ketika musim hujan tiba,,terkadang kita repoooot banget.
Mungkin gara-gara hujan,teman-teman jadi malas berangkat sekolah/kuliah/ngantor. Gara-gara hujan juga ni,,pakaian temen-temen jadi ga kering-kering pas dijemur setelah dicuci. Ehmmm yang lebih parahnya lagi,gara-gara hujan teman-teman jadi terserang virus yang juga menyerangku. Ehmmm kayaknya hujan tuh berdampak negatif banget yah.http://www.smileycodes.info

Tapi dilain kesempatan,kita juga merasa nyaman banget karena hujan. Coba deh,,kalau malam-malam hujan,pasti tidur teman-teman nyenyak banget,asalkan ga kebocoran aja sih yaa...http://www.smileycodes.info
Terus,,pohon-pohon di halaman rumah jadi subur deh tanpa harus disiram pake air PAM,kan jadi irit biaya juga...http://www.smileycodes.info

Teman-teman,,,hujan merupakan hal yang sangat istimewa loh. Kenapa?? Buktinya hujan sampai masuk di dalam Al Qur'an. Dari tahapan terbentuknya hujan sampai manfaatnya dijelaskan secara lengkap dalam Al Qur'an. Coba kita renungkan baik-baik,ga mungkin kan sesuatu yang sia-sia (tidak ada manfaatnya) tertulis di Dalam Al Qur'an..??!! 

Mari kita pelajari sedikit,,mudah-mudahan setelah kita  mengetahuinya menjadikan kita sebagai HambaNYA yang senantiasa bersyukur http://www.smileycodes.info Aamiin...

Tahap-tahap ini ditetapkan dengan jelas dalam Al-Qur’an berabad-abad yang lalu, yang memberikan informasi yang tepat mengenai pembentukan hujan,

"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" (Al Qur'an, 30:48)

"Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya ("hujan"); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan "hujan" di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab angin itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran." (QS. 7:57)


Jadi jelas sudah,,ketika hujan turun,sebaiknya kita bergembira! Jangan manyun ataupun ngedumel. Karena ini perintah Allah loh... http://www.smileycodes.info 


Kemudian,,
manfaatnya hujan dipertegas dengan Ayat ini:

"Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air ("hujan") dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan "hujan" itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (QS. 2:22)

"Dan Dialah yang menurunkan air "hujan" dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman". (QS. 6:99)

"(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentramanan daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu "hujan" dari langit untuk menyucikan kamu dengan "hujan" itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu). "(QS. 8:11)

"Dan (dia berkata): Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu taubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan "hujan" yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS. 11:52)

Mudah-mudahan setelah kita sudah mengetahui beberapa ayat diatas,,kita bisa ngilangin sifat kita yang secara spontanitas menggerutu kalau hujan turun. Walau bagaimanapun keadaan kita saat sedang hujan,,sebaiknya tersenyum dan berucaplah Alhamdulillah...http://www.smileycodes.info

Ayat-ayat diatas hanya menjelaskan sebagian kecil dari manfaat hujan. Selebihnya hanya Allah Yang Maha Tahu . Maka kita wajib mensyukurinya agar kita termasuk orang-orang yang selalu ditambah nikmatnya.. Aamiin...



Yuuk teman-teman kita bergembira karena sekarang adalah musim hujan
http://www.smileycodes.info
...

Jumat, 25 November 2011

AamiiN... \(o,o)/

Semoga ini adalah awal yang baik,,Ya Allah...
Semoga....!!!

Kami hanya bisa menanti dan berdoa... 
Semoga akan ada secercah cahaya yang telah lama kami nantikan. 
Semoga....!!!!

Ya Allah Ya Rabb,,,
Semoga Engkau memberinya Ya Rabb... 
Semoga...!!!!

Semoga ini adalah rezeky kami Ya Allah... 

Aamiin.... Allohumma Aamiin...

Kamis, 24 November 2011

Dari Ini... Beralih kesitu... Karena....


DARI
Beralih
Ke
Keterangan
Sabun mandi cair
merk Lux
Sabun batangan tetep merk Lux
Ga bisa ninggalin Lux
Rinso + Molto
New Daia
yg udah +pelicin dan softener
Lebih murah dan praktis
Sarapan pagi susu + energen sereal (dicampur)
Susu saja + cemilan atau Teh manis saja + cemilan
Dalam rangka penghematan
Masak 3 menu perhari
2 menu saja
Biar suami ga makin gemuk
Belanja ke pasar seminggu sekali (langsung persediaan selama 6 hari)
Jarang ke pasar untuk belanja mingguan
Menyemangati diri untuk rajin berpuasa



Yaaa... begitulah teman-teman...
Perubahan-perubahan yang terjadi mudah-mudahan dapat bernilai positif untuk rumahtangga kami... 
walaupun agak-agak aneh yaaa...
http://www.smileycodes.info

....Virus yang Merepotkan....

Di Lhokseumawe ini kalau sedang panas tuh,,hyaampuuun panas banget. Terik matahari begitu menyengat seakan ga ada udara untuk bernafas. Benar-benar kering deh. Tapi kalau lagi hujan,,ya gini deh… dingin buanget… Hampir sama kayak di daerah pegunungan. Jadi ya beginilah tubuhku,yang tadinya udah mulai terbiasa dengan panasnya Lhokseumawe kini harus drastis beradaptasi dengan dinginnya Lhokseumawe. Alhasil…. Tubuhku terserang virus. Yaa virus. Bukan virus yang membahayakan kok,,hanya saja virus ini merepotkanku.http://www.smileycodes.info

Virus??? Virus apa tuuh???

Ehmmm... virus ini membuatku sama sekali tidak ceria. udah beberapa hari ini diriku diserang virus yang membuatku males ngapa-ngapain. Dua lubang hidung; yang kanan mampet dan yang kiri meler. Ooooh.. tersiksanya diriku. Maaf ya untuk teman-teman pembaca blogku kalau kemaren aku off lagi. Flu ini sungguh tidak bisa diajak kompromi. Kepala berat hidung meler tubuh demam… haduh-haduh….http://www.smileycodes.info

Tapi hari ini ku coba kembali ngeblog,,pengen menyapa teman-teman semua yang udah mampir atau kesasar atau sengaja berkunjung ke blogku...
silahkan tinggalkan jejak teman-teman di Buku Tamu samping kanan ini ya... itu tu yg nyempil warna ijo... http://www.smileycodes.info

SipH....

Nasihat tapi bukan khotbah
Mau tapi bukan menuruti
Curhat tapi bukan berkeluh kesah
Jengkel tapi bukan marah
Ingin tapi bukan perintah
Pandangan tapi bukan pengarahan

(Dahlan Iskan > Dua Tangis dan Ribuan Tawa)

Selasa, 22 November 2011

YuSuF ManSuR dan MaTemaTika SedeKaHnya...



Siapa yang tidak mengenal sosok ustad yang satu ini. Ustad kelahiran 19 Desember 1976 asli betawi ini sangat terkenal dengan tema ceramah yang diusungnya yaitu 'sedekah'.. Kalau aku sendiri sih manggil beliau dengan sebutan Ustad Sedekah... http://www.smileycodes.info

Ustadz Yusuf Mansur memang menjadi inspirasi bagi kebanyakan orang saat ini. Bukan hanya karena penuturannya tentang konsep shodaqoh dalam Al-Quran, tetapi juga karena kisah hidupnya  yang jatuh bangun dan menarik untuk kita ambil hikmahnya.http://www.smileycodes.info
Yusuf Mansur merupakan salah satu Ustad Favoritku ni teman-teman...

Siapa sangka Ustadz Yusuf Mansur pernah terlilit hutang milyaran rupiah. Siapa yang menyangka pula Ustadz Yusuf Mansur pernah dipenjara. Siapa yang tak heran pula Ustadz Yusuf Mansur pernah menjajakan es di terminal kali deres.

Begitulah Ustadz Yusuf Mansur. Ustadz yang terbilang pintar ini, pernah menjadi lulusan terbaik di MAN 1 Grogol dan mengenyam kuliah di jurusan Informatika. Namun terhenti sebelum mendapat gelar. Orang bilang sih katanya Ustadz Yusuf Mansur lebih suka balapan motor, jadi terganggu kuliahnya.

Ustadz Yusuf Mansur mulai terlilit hutang ketika terjun di dunia bisnis. Bisnis informatika tepatnya. Hutang yang konon katanya sangat besar sehingga mencapai angka milyaran, membuat Ustadz Yusuf Mansyur harus membekuk di penjara. Saat mendengar penuturan beliau di tv,aku sempat ga percaya teman-teman. Tapi memang begitulah kenyataannya. 

Pengalaman spiritual hadir pada diri beliau ketika berjualan es di terminal kali deres selepas keluar dari bui. Di sinilah pengalaman shodaqoh dengan keikhlasan mulai berbuah. Lambat laun usaha dagang esnya  merangkak naik.

Apalagi setelah beliau bekerja di LSM. Selama kerja di LSM itulah, beliau membuat buku berjudul Wisata Hati Mencari Tuhan Yang Hilang. Sebuah buku yang terinspirasi oleh pengalaman pribadinya sendiri saat terpenjara dan ketika rindu dengan orang tuanya. 

Begitulah sekelumit perjalanan pribadi Ustad Yusuf Mansur....

Atas sambutan masyarakat yang luar biasa terhadap buku Ustadz Yusuf Mansyur ini, maka hidup  beliaupun lambat laun berubah dan sering diundang ceramah dan bedah buku. Patut kita resapi bersama konsep shodaqoh yang tertera dalam Al-Quran. Bukannya berkurang malah bertambah bahkan berlipat dan menyuburkan segi-segi kehidupan lain selain segi ekonomi.

Naaah... di “tangan” ustad Yusuf Mansur, makna sedekah (giving) lebih dari sekedar memberi. Dia menulis di dalam bukunya, The Power of Giving, tentang manfaat bersedekah. Sedekah tidak hanya untuk mensucikan harta, tetapi juga dapat menghapus dosa, memperoleh ampunan Allah, mendapatkan ridha dan kasih sayang dari Allah, memperoleh bantuan dari Allah, dan memakbulkan doa-doa. Dia menjelaskan konsep yang bernama “matematika sedekah”. Konsep matematika sedekah tidak sama dengan matematika yang kita kenal. Dasarnya ada pada Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 160 dimana Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik (bersedekah adalah salah satu perbuatan baik)


Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). 
[QS. Al-An’am (6) : 160


Begini konsep matematika sedekah itu.
Menurut pelajaran matematika yang kita kenal di sekolah dasar,
10 – 1 = 9,
tetapi, di dalam matematika sedekah,
10 – 1 = 19,
sebab setiap kali kita bersedekah dengan memberikan satu unit rizki (harta) kita, Allah akan menggantinya (membalasanya) 10 kali lipat. 

Jika matematika sedekah itu dilanjutkan, maka kita memperoleh hasil perhitungan sebagai berikut:
10 – 2 = 28
10 – 3 = 37
10 – 4 = 46
10 – 5 = 55
10 – 6 = 64
10 – 7 = 73
10 – 8 = 82
10 – 9 = 91
10 – 10 = 100

Jadi, setelah 10 unit harta kita habis disedekahkan, maka kita memperoleh balasan dari Allah SWT 10 kali lipat dari semula, yaitu 100 unit. Matematika sedekah ini juga menjelaskan bahwa seseorang tidak akan jatuh miskin karena sering bersedekah, sebaliknya rizkinya makin bertambah. Subhanallah. Karena itu tidaklah perlu seseorang mempunyai sifat pelit atau kikir kepada orang lain.

Apakah balasan dari Allah SWT yang 10 kali lipat itu? Apakah berupa rezki yang jumlahnya 10 kali lipat dari harta yang kita sedekahkan? Wallahu alam, bisa begitu atau dalam bentuk yang lain, hanya Allah yang tahu. Balasan dari Allah SWT bisa berupa bantuan yang tidak terduga datangnya, bisa juga berupa dikabulkannya doa dan keinginan yang selama ini selalu dipinta. Ustad Yusuf Mansur menghadirkan kisah orang-orang yang mendapat anugerah tidak terduga karena kebiasaan bersedekah. 

Ada tukang bubur ayam keliling yang mendapat hadiah naik haji, ada wanita yang sudah perawan tua mendapat jodoh, ada orang yang terlilit hutang yang ditolong orang lain sehingga hutangnya lunas, dan sebagainya dan sebagainya.. Ini membuktikan bahwa memang Allah SWT membalas pemberian ummat-Nya dengan balasan yang tidak pernah ia bayangkan.

Satu hal yang pasti, Allah SWT sangat menyayangi ummat-Nya. Bersedekah atau memberi dapat mengijabah doa dan memudahkan banyak urusan. Memberi itu memang menakjubkan, giving is amazing http://www.smileycodes.info.






Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Alloh melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Alloh Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Alloh Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” 
(Al-Baqoroh : 261-263)


Tak ada satupun yang luput 
dari penglihatan Allah SWT...

KokoHnya maSjiD BAITURRAHMAN Banda Aceh (^,^)/

Beberapa hari yang lalu ada seorang temanku yang bertanya sekaligus meminta, "kok ga ada postingan soal masjid Baiturrahman?? padahal kan di Aceh. PLTD Apung dan Danau Laut tawar aja ada,kenapa Masjid Baiturrahman ga ada? Ayo dong posting Masjid itu..." Begitu katanya.

Ehmm,,,yaa memang udah lama sebenarnya aku juga pengen posting tentang Masjid Baiturrahman yang memiliki sejarah cukup menarik itu. Tapi aku agak ragu,soalnya foto Masjid Baiturrahman yang ku miliki semuanya ada diriku lagi narsis. Ga enak kan kalo dimasukin ke dalam postingan...http://www.smileycodes.info (emang selama ini fotonya ga narsis apa yaa,hihihihi) Tapi setelah ku crop dan teliti lebih lanjut,,gapapa lah ada akunya dikit-dikit. Biar teman-teman yakin bahwa semua jalan-jalanku di postingan ini benar-benar kenyataan http://www.smileycodes.info

Naaah,,teman-teman pasti udah tau kan Masjid Baiturrahman itu terletak di kota Banda Aceh,propinsi Nangroe Aceh Darussalam.Itu loooh yang paling ujung atas dari pulau Sumatera...

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Sewaktu Belanda  menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875,Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya.

Awalnya,masjid ini berkubah tunggal yang diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Masjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968). Yang 5 kubah inilah yang sekarang dapat kita nikmati...

Masjid ini bukan saja merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia.,bahkan menjadi yang terindah di Asia Tenggara. Mengapa?? Karena menurutku,masjid ini memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, interior dan eksterior yang indah,  bangunan yang kokoh, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut. Serasa mata tak ingin sedikitpun memalingkan pandangan dari masjid ini.. http://www.smileycodes.info

Inilah dia, Masjid Baiturrahman yang sangat mempesona. Arsitektur masjid merupakan paduan gaya Persia, Arab, dan India. Orang Aceh dan budayanya memang merupakan perpaduan ketiga bangsa tersebut. Terlihat 5 kubah diatasnya. Di halaman depan masjid,terdapat kolam dengan hiasan air mancur di tengah-tengahnya. Teman-teman bisa lihat betapa kokohnya masjid ini.

Ini adalah menara masjidnya teman-teman. Nampak sekali kekokohan bangunannya namun terlihat ramah seakan-akan menyapa para pengunjung/jamaah yang hendak memasuki masjid ini. Subhanallah...
Aku berjalan memasuki masjid, melihat-lihat ruangan masjid yang penuh dengan tiang-tiang lengkung khas Timur-tengah. Arsitektur interior masjid tak kalah mempesona dengan eksteriornya. Pantaslah jika masjid raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid terindah di Asia Tenggara.

Ketika di dalam masjid ini,terasa hawa begitu sejuk. Aku pribadi merasa sangat nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya. Oya,teman-teman juga bisa liat pada tembok-tembok pilar masjid,ada ukiran yang sangat indah. Ehmmm,,,temboknya tebal sekali yah...

Ini merupakan pelataran masjid. Kita dapat beristirahat,duduk-duduk sambil menikmati pemandangan yang asri. Ehehehe,,mohon maaf yang dirinya ada di foto ini,,gapapa ya teman-teman... :p

Halaman masjid yang sangat luas memberikan kesan tersendiri nutukku. Betapa sangat memukau hati keindahan masjid ini...

Halamanpun sangat bersih,tak ada satupun sampah yang terserak disini. Saat tsunami Aceh 26 Desember 2004 silam,,Masjid ini tidak mengalami kerusakan yang berarti. Masjid ini tetap berdiri kokoh tanpa ada bangunan yang runtuh.


Nyempetin berfoto dulu disini :p

Alhamdulillah... sempat berkunjung dan berfoto di masjid ini. Merupakan kepuasan bathin yang luarrr biasaaa...

Masjid tampak di malam hari. ga kalah indahnya yah dengan siang harinya... :)

Gimana pendapat teman-teman setelah melihat-lihat hasil jepretanku?? Bukan soal jepretannya ya,,tapi soal masjidnya... Ya kalo hasil jepretannya sih ga sebagus aslinya mungkin. Lhawong yang motret fotografer amatir.. http://www.smileycodes.info 



Okeyh... segitu aja yah teman-teman cerita tentang Masjid Baiturrahmannya...
Semoga dapat mewakili teman-teman yang belum sempat berkunjung ke masjid ini...
http://www.smileycodes.info