Senin, 23 April 2018

Hujan: Berbahagialah



Teman-teman pasti merasakan ya, ketika musim hujan tiba, terkadang kita repoooot banget.
Mungkin gara-gara hujan, kita jadi malas berangkat sekolah/kuliah/ngantor. Gara-gara hujan juga ni, pakaian jadi ga kering-kering pas dijemur setelah dicuci. Yang lebih parahnya lagi, gara-gara hujan jadi banyak jadi terserang virus influenza. Ehmmm kayaknya hujan berdampak negatif banget yah.


Tapi dilain waktu, kita juga merasa nyaman banget karena hujan. Coba deh, kalau malam-malam hujan, pasti tidur teman-teman nyenyak banget, asalkan ga kebocoran aja sih yaa, hihi. 

Terus, pohon di halaman rumah jadi subur deh tanpa harus disiram pake air PAM,kan jadi irit biaya juga.

Nah, hujan merupakan hal yang sangat istimewa loh. Kenapa?? Buktinya hujan sampai masuk di dalam Al Qur'an. Dari tahapan terbentuknya hujan sampai manfaatnya dijelaskan secara lengkap dalam Al Qur'an. Coba kita renungkan, ga mungkin kan sesuatu yang sia-sia (tidak ada manfaatnya) tertulis di Dalam Al Qur'an..?


Mari kita pelajari sedikit,,mudah-mudahan setelah kita  mengetahuinya menjadikan kita sebagai HambaNYA yang senantiasa bersyukur  Aamiin.

Tahap-tahap ini ditetapkan dengan jelas dalam Al-Qur’an berabad-abad yang lalu, yang memberikan informasi yang tepat mengenai pembentukan hujan.

"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" 
(Al Qur'an, 30:48)


"Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya ("hujan"); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan "hujan" di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab angin itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran."
(QS. 7:57)


Jadi jelas sudah,,ketika hujan turun,sebaiknya kita bergembira! Jangan manyun ataupun ngedumel. Karena ini perintah Allah.

Kemudian,

manfaatnya hujan dipertegas dengan Ayat ini:

"Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air ("hujan") dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan "hujan" itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." 
(QS. 2:22)


"Dan Dialah yang menurunkan air "hujan" dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman".
(QS. 6:99)


"(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentramanan daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu "hujan" dari langit untuk menyucikan kamu dengan "hujan" itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu). "
(QS. 8:11)


Jadi jelas sudah,,ketika hujan turun,sebaiknya kita bergembira! Jangan manyun ataupun ngedumel. Karena ini perintah Allah loh...

Mudah-mudahan setelah kita sudah mengetahui beberapa ayat diatas,,kita bisa menghilangkan sifat yang secara spontanitas menggerutu kalau hujan turun. Walau bagaimanapun keadaan kita saat sedang hujan, sebaiknya tersenyum dan berucaplah Alhamdulillah. Karena kita wajib mensyukurinya agar kita termasuk orang-orang yang selalu ditambah nikmatnya. Aamiin...

#onedayonepost
#ODOPbatch5
#kelaanonfiksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^