Selasa, 23 Juli 2013

Buah Timun Apel

Ada yang pernah mendengar buah timun apel? atau mungkin sudah ada yang pernah mencicipi buah yang unik ini?

Hari jumat lalu suamiku pulang kerja bawa oleh-oleh buah. Aku melongo pas buka bungkusannya. Jelas aku bingung karena belum pernah melihat buah yang bentuknya kayak gini. Dibilang apel bukan apel. Dibilang melon juga bukan melon. Kata suami sih,buah ini baru ada di Lhokseumawe. Aaahh masa iya? ga percaya deh. Tapi  coba kita bahas darimana munculnya buah ini..? Mau tahu? Yuuuk...silahkan lanjut membacanya :)

Setelah aku cari di mbah google,ternyata masih jarang artikel yang berkaitan dengan buah ini. Ada satu artikel yang isinya sangat singkat. Disitu cuma dikasih tahu kalau buah ini adalah perpaduan antara buah timun suri dengan buah melon. Mmm...aneh juga ya,perpaduannya timun suri dengan melon tapi namanya timun apel. Yah gapapa deh,suka-suka yang ngasih nama ya. Kalau aku lebih senang bilangnya timun melon ^^ Tapi lagi-lagi,aku juga belum tahu ni daerah mana yang pertama kali membudidayakan buah ini.
Nah.. sekarang aku coba jelasin detailnya ya..

Buah Timun Apel utuh

Buah ini bentuknya mirip apel,tapi agak lebih besar sedikit. Tidak bulat sempurna melainkan agak lonjong pada bagian atasnya. Bagian bawahnya ada lekukan-lekukan samar serta ada bulatan kecil mirip seperti melon. Kulitnya halus seperti apel.

Penampakan saat di belah
Nah..kalau sudah di belah seperti gambar diatas itulah dalamnya. Mirip melon ya? tapi bijinya seperti timun suri. Daging buahnya lebih mirip melon. Rasanya tidak terlalu manis dan tekstur buahnya lembut. Kemarin kami menikmati buah ini dengan di serut dan dicampur sirup rasa melon. Hmmmm...segarrrr...

Gimana-gimana... keren yah idenya. Bisa aja kepikiran memadukan timun suri dengan melon. Ada yang mau nyoba buah ini? Masih langka deh kayaknya,hehehe..

42 komentar:

  1. lha kok unyu banget buahnya Mbak...jadi gemes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. bentuknya lucu ya ^^

      Hapus
    2. gemes pengen nyubit ya heheeh

      Hapus
    3. jangan bilang unyu dong mbak, gak enak nih sama saya, kan saya unyu

      Hapus
  2. Kalau timun apel sih belum lihat. Tapi kalau pepaya jambu sudah pernah. Semua hasil persilangan kayak gitu. Yang membuat ane kagum, gimana model persilangannya. Apa menggunakan kultur jaringan atau gimana gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pepaya jambu saya sudah pernah dengar tapi belum pernah lihat. coba nanti sama2 cari tahu bagaimana model persilangannya :)

      Hapus
  3. Hasil persilangan seperti itu biasanya memang nggak semanis buah aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa bisa begitu ya? seharusnya kalau persilangan diambil yg baik2nya aja seperti rasa manisnya,tekstur lembut daging buahnya dll

      Hapus
  4. Wah, jadi penasaran pengen nyoba.. Di parepare belum ada tentunya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah ada di parepare boleh di coba mbak ^^

      Hapus
  5. unik buahnya mbak, saya belum pernah mencobanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya unik ya.. lumayan mama cal-vin buat buka puasa ^^

      Hapus
  6. oooh hasil persilangan ya... unik buahnya, ...saya belumpernah nyoba rasanya..

    katanya sih buah kelapa juga bisa disilangkan dengan singkong ... jadinya getuk heheheeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo getuk kayaknya bukan persilangan ya,,tapi pengolahan..hehehe

      Hapus
  7. Zaman modern, apa saja bisa dilakukan. Nggak hanya hewan saja yang dilakukan persilangan. Buah pun di silangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nantinya sayur juga akan disilangkan.. semua karena kecanggihan otak manusia yg luas akan ide.

      Hapus
  8. pantes koyo timun suri.. tapi mirip Apel

    walah aku malah gak tahu. ters rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang aku tulis diatas rasanya gak terlalu manis mbak,,hapir mirip kayak melon lah kira2 :)

      Hapus
  9. Assalamualaikum kak..
    Salam kenal, namaku Aisyah.. owner http://aisyahassalafy.wordpress.com/ sekaligus http://deardiaryaisyah.blogspot.com/..

    Kayaknya, aku pernah makan buah kaya gitu deh, itu juga dikasih sama pamanku.. tapi baru tau namanya timun apel.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumussalam wrohmatulloh wabarokatuh
      salam kenal juga dek.. :)
      oh ya udah pernah makan ya? gimana rasanya? ^^

      Hapus
    2. manis dan lembut banget, seperti melon deh.. ^^

      Hapus
  10. Buahnya malah lebih mirip ke timun daripada apel. Emang sains modern bener-bener yahuud. Bisa menyilangkan dua macam buah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar,apapun bisa digabungkan.
      kita lihat selanjutnya apa lagi yg akan muncul buah2 hasil persilangan lainnya.

      Hapus
  11. Baru dengar aku nya sih? tapi sekilas kaya melon merah yah dari texture luarnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,,saya malah belum pernah liat melon merah,baru dengar aja.
      kulit luarnya sih halus :)

      Hapus
  12. Wah, baru tau kalo ada buah timun apel.

    Hmm, kira-kira khasiatnya seperti timun suri atau melon ya? Saya jadi penasaran ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan khasiatnya dobel ya mak,timun suri iya melon juga iya.. :D

      Hapus
  13. Aku baru tahu, terima kasih ya tulisannya. Waaah seger tuuuh...rasanya seperti timun suri kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ummi ^^
      mmm... menurutku lebih seperti melon rasanya..

      Hapus
    2. Itu adanya di tempat tertentukah?

      Hapus
    3. di sumatera udah lumayan banyak ummi.. di brastagih udah seabrek2 katanya.
      mungkin beberapa waktu lagi di jakarta akan banyak :)

      Hapus
  14. waaah.. cari dimana ini yaa.. eh kalo disana namanya melon timun suri ya? aku kenalnya timun mas, warnanya oren rasanya seger lebih manis daripada melon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaaaa' di folbek yaa ^_^

      Hapus
    2. jangan mbak nanti di lempar mercon

      Hapus
    3. mungkin timun mas itu timun suri kali ya,hehe.. warnanya memang orenz gitu :D

      Hapus
    4. Paan c mas agus inih :p

      Haha.. iya mbak, beda nama aja mungkin :D

      Hapus
  15. kayak buah pepino tapi kok tidak lorang, timun kok bulat, lucu juga bentuknya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya namanya timun apel :)

      Hapus
  16. wahhh kayaknya menarik dan enak dinikmati, sayangnya kok di daerahku sini belom pernah liat yaa..hikk kepo banget jadinya .Slm kenal mba...aku sdh follow blognya,lo ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lama2 bakalan ada mbak,,ditunggu aja.. :D

      Hapus
  17. Saya baru aja panen buah ini mba, nanem dari bijinya secara tdk sengaja cuma karena sering buang biji dihalaman belakang akhirnya numbuhlah itu pohonnya selang beberapa hari mencapai tinggi 30cm sudah muncul bunga yang kemudian tidak sampai sebulan sudah siap petik, pohonnya aku rambatin ke atas mba mirip pare pake para-para. Sekarang sudah metik buah ketiga, dan mau memperbanyak lagi nanemnya biar seru jd pesta timun apel. Aku nemu timun apel ini ditoko buah cibubur, penjaga tokonya bilang ini melon apel mba, disuruh coba buahnya ternyata enak manis renyah, belilah dua buah dan bijinya sembarangan dibuang eh sekarang banyak bunga dan buahnya, nanem timun apel menyenangkan loh ;)

    BalasHapus
  18. Anonim3/11/15

    timun apel di temukan oleh petani asal caleu (tungkop) indra jaya kabupaten pidie, Aceh, khabarnya timun apel di temukan tidak secara sengaja bisa jadi penyilangan oleh serangga ataupun angin, petani tersebut hanya menanam melon dan timun suri saja. salam dari Aceh :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^