Sabtu, 14 Desember 2013

BBM Untuk Sesama

Punya barang bekas di rumah,kantor atau sekolah? Jangan dibuang dulu,salurkan saja ke BBM,disini pasti barang bekas milik teman-teman bermanfaat sekali loh untuk sesama.

Sebelumnya,yuk kenalan dulu dengan BBM. Apa itu BBM? BBM adalah sebuah komunitas yang mengedepankan rasa berbagi terhadap sesama. BBM merupakan singkatan dari Barang Bekas Manfaat,yang dibentuk pada bulan Oktober 2011 di Musholah Almalik,Kebon Jeruk,Jakarta Barat oleh Ustad Ismeidas Makfiansah. Ide awalnya adalah keprihatinan akan kondisi ummat,melihat banyaknya dhuafa yang harus dibantu dan diberdayakan. Tidak hanya sebatas itu,anak yatim piatu,anak jalanan bahkan anak-anak anggota Punk juga turut menjadi perhatian. Selain itu,banyak sekolah islam yang berkualitas namun relatif mahal,sehingga tidak terjangkau oleh sebagian besar ummat.

Siapa saja yang tergabung di BBM ini? Namanya juga komunitas sosial,aksinya pun sosial. Jadi mereka yang bergabung di BBM dan terjun langsung ke lokasi adalah para relawan. Tidak dibayar apalagi punya gaji tetap. Mereka hanya berharap semoga BBM ini menjadi ladang pahala dan sumber amal jariyah bagi mereka kelak.

Apa sih tujuan dari BBM ini? Sangat sederhana,tujuannya hanyalah mengoptimalkan barang-barang layak pakai yang tidak/jarang digunakan agar bermanfaat untuk sesama.

Lantas,dikemanakan barang-barang bekas yang sudah diterima? Barang yang  sudah diterima akan disalurkan langsung kepada lembaga pendidikan dhuafa,anak-anak jalanan,para da'i yang berada di daerah minus/terpencil,yayasan dakwah dan lembaga-lembaga lainnya yang memerlukan bantuan. Ada pula yang dilelang atau dijual melalui bazar murah,yang semua keuntungannya akan dimanfaatkan untuk kepentingan sosial dan dakwah.



Program dan kegiatan yang dilakukan oleh BBM sangat banyak. Diantaranya ada program beasiswa pendidikan untuk yatim dan dhuafa,perpustakaan mini dan rumah singgah untuk anak-anak jalanan,sebar qurban,sunatan masal,bakti sosial ke daerah-daerah marjin dan masih banyak lagi.

Kedai hasil dari BBM yang dikelolah oleh anak-anak jalanan
Perpustakaan mini hasil sumbangan para dermawan yang dikelolah oleh anak-anak Punk Muslim (PM)
Bayi tanpa anus berhasil di operasi dengan memakai biaya dari BBM
Sekilas tentang ustad Ismeidas sebagai pencetus dibentuknya komunitas BBM ini,beliau adalah seorang ustad gaul berusia 40an tahun. Ceramah dan dakwahnya mudah dimengerti oleh anak-anak muda. Aku mengenalnya pertama kali ketika beliau diundang oleh organisasi Kerohanian Islam (Rohis) di sekolahku sekitar tahun 2004. Saat itu aku kelas 1 SMA dan mulai tertarik dengan gaya ceramah yang dibawakannya. Tidak menggurui,bahasanya anak muda banget dan gaul abis. Sejak itulah sedikit demi sedikit aku mengikuti kegiatan yang diadakan oleh beliau. Namun aku tidak termasuk relawan BBM,karena saat ini aku tidak di Jakarta.

Sebagian kecil barang pemberian dermawan.
Ada yang memberikan emas 10 gram dan takjubnya orang yang memberikan emas ini rumahnya kecil dan berada di gang sempit.
Semoga kebaikannya menjadi alat pengantar ia ke syurga. 
Bingkisan-bingkisan untuk disalurkan kepada yang berhak
Semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya
Makan bersama anak yatim dan sunatan massal. Semoga berkah semuanya

Bagi teman-teman yang tinggal di kota Jakarta,untuk informasi dan penjemputan BBMnya,dapat menghubungi:

1. Ismeidas Makfiansah 0811150176
2. Budi Kurniawan 081316000190
3. Chaerul Umam 081511668301

Dan bagi teman-teman yang berada di luar kota Jakarta,bisa ikutan berpartisipasi juga kok. Tidak perlu kirim barang,cukup kirim uang saja ke: 
  1. BSM. No rek: 705500465 atas nama Budi Kurniawan
  2. BCA. No rek: 2291637941 atas nama Ahmad Syahrir
  3. Bank DKI Syariah. No rek: 7020068153 atas nama Budi Kurniawan
Yuk,mari berbagi untuk sesama. Jangan ragu-ragu untuk menyisihkan sebagian harta kita karena investasi terbesar menuju syurga adalah saling berbagi kebaikan.

Semua gambar sumbernya dari sini


94 komentar:

  1. bener, daripada terbuang percuma, mending diberikan kepada org yg membutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAlloh akan lebih berguna ya mbak :)

      Hapus
    2. menurut kita belum berguna , bagi orang lain berguna , di lepas saja deh..
      hehe

      Hapus
    3. malah terkadang barang kesayangan juga di ikhlaskan ya..

      Hapus
    4. nah itu point banget..bagus

      Hapus
    5. Kalau mau nyumbang barang caranya gimana...??? apa dikirim juga ya barangnya ke posko ?

      Hapus
    6. lokasinya dimana pak/bu/mas/mbak/dek??? kalau sekitar jakarta,dapat dijemput/diambil BBMnya oleh relawan. Untuk informasi lebih lanjut,silahkan menghubungi no tlp yg sudah tertera diatas. terimakasih ya niat baiknya :)

      Hapus
  2. ternyata masih banyak orang yang peduli akan sesama terutama yang memang membutuhkan :)
    maju terus BBM

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kang,hanya saja mereka2 tidak mau terlalu memperlihatkan ke orang. Mereka ikhlas walaupun tak satu orangpun melihat kebaikannya. aamiin.. terimakasih kang :)

      Hapus
  3. subhanalloh....padahal di sini saya sering banget nemui barang terbuang sia-sia. dulu watu musim petir, saya melihat tv dibuang begitu saja oleh warga komplek. sekarang2 ini sering terlihat sepeda anak-anak tergeletak di dekat tempat sampah, hanya hilang bannya, atau udah usang, langsung main buang saja...sayang. di luar jawa ndak ada to Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di luar jawa belum ada mbak,,tapi para relawan BBM ini pernah ke kalimantan loh mbak.. jadi mereka yang mendatangi langsung ke lokasi,agar tahu kondisinya seperti apa.. :)

      Hapus
  4. Barang bekas pun jadi bermanfaat lagi, nilai gunanya masih gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau diberikan kepada orang yg benar tidak mampu ya mas,sangat tinggi nilai gunanya :)

      Hapus
  5. Wuiiihhh, salut dah.. Tidak banyak orang yang mau tergerak untuk mengerjakan hal-hal seperti ini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak,karena mengerjakan hal ini memang butuh waktu,tenaga,pikiran dan biaya yang cukup superr :)

      Hapus
  6. Wah saya punya banyk barang nih mbak ... Bingung mau diapain ...tp untuk daerah jakarta aja ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijual saja mbak disana lalu uang hasil jualannya di transfer ke no rekening yg ada di atas ^,^

      Hapus
    2. asal jangan barang saya yang masih kepakai, entar sepatu saya di jual, celana saya di jual,
      nah saya pakai apa dong....
      pakai jarik gitu ya ?

      Hapus
    3. bisa beli lagi kan mas.. bisa dooong... :D

      Hapus
    4. buwahahaaa...beli seh tentu bisa...tapi kalau dijual lagi sama sang istri tercintanya ituh...gimana coba?

      #begini akibatnya kalau suami istri ng'blog....hehehe

      Hapus
    5. bisa beli, tapi kan saya pengennya yang ituuuuuuh........
      kosel-kosel ah.........

      Hapus
    6. hehehe seru juga ya mbak Nia dan mas Agus....

      Hapus
    7. pasti ada duplikatnya mas,hehehe
      seru klo suami istri ngeblog,temannya juga sama :D

      Hapus
    8. nanti si Hayyu juga diajarin nge-blog ya mas Agus :)

      Hapus
    9. biar tambah seru ya, anak saya juga yang sulung mau coba ngeblog, tapi saya larang janga deh nati jadi sibuk hehehe

      Hapus
  7. Baru tau ada punk islam gan . Semoga semuanya berjalan dengan lancar seterusnya gan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah banyak mas,aamiin.. :)

      Hapus
  8. coba saya ada di Jakarta, mungkin saya bisa ikut berpartisipasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di luar jakarta bisa kok pak ikut berpartisipasi. caranya ada diatas ^_^

      Hapus
    2. kalau begitu titip kesaya aja kang, kebetulan saya bolak balik jakarta - Subang... nah looo eheheh

      Hapus
    3. nah tuh..mang yono siap jadi kurir. asal diserahkan ke BBM ya mang,jangan dibawa ke subang nanti malah diloakin sendiri,hehehr

      Hapus
  9. Aku juga punya BBM, Balai belajar masyarakat...
    sukses mak lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ya mak namanya,semoga maju terus BBMnya :)
      terimakasih mak ^^

      Hapus
  10. Kirain mau bahas bahan bakar atau aplikasi eh ternyata komunitas untuk saling berbagi....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. BBM yang satu ini beda ^_^

      Hapus
  11. Subhanallah, BBM ini keren sekali mbak. Semoga tetap ada sepanjang masa supaya makin banyak orang yang merasakan manfaatnya ya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. aamiin.. aamiin.. terimakasih mbak ^,^

      Hapus
  12. usaha kepedulian sosial yg kreatif dan bermanfaat, smoga smakin banyak yg peduli
    smoga sukses juga ikut lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,saya juga ga nyangka idenya sangat kreatif. terimakasih pak :)

      Hapus
  13. bagus sekali actionnya, saya sangat setuju..
    tapi ada barang-barang tertentu milik saya, bekas sih tapi masih saya sukai dan masih saya pakai.
    tuh motor ijo..bekas dan jadul tapi masih saya pakai..
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah.. itu dia. menyedekahkan barang kesayangan kita itu berkahnya luar biasa loh mas.. jadi jangan segan-segan untuk mengikhlaskan si ijo ke BBM..xixixi :D

      Hapus
    2. semoga siijonya kang agus segera mendapatkan gantinya yang berwarna ijo juga.....tapi penggantinya yang lebih modern....;o)

      Hapus
    3. amiin..amiin...kang lembu doanya sih mengkawatirkan saya...huh..masak saya harus merelakan siijo....huwaaaaaa...

      Hapus
  14. dari barang bekas menghasilkan banyak manfaat buat orang banyak
    semoga terus eksis buat komunitas ini....dan juga sukses buat lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. makasih mas,,yuk ikut berpartisipasi ^^

      Hapus
  15. Masalahnya, yg ada di rumah memang barang bekas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. barang bekas dipakai oleh mas pri ya,hehehe

      Hapus
  16. tujuan yang mulya semoga gerakan ini semakin memasyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. biar makin banyak yg memanfaatkan BBMnya ya mas :)

      Hapus
  17. BBM ini harus dijadiin virus bagi semua anak negeri yang mencintai sesama dan hobi melakukan aksi sosial...keren dan salut kepada Ustad dan seluruh pengelolanya.
    salam sehat dan ceria selalu dari seluruh warga DESA CILEMBU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kang,,semoga ya kang.. :)

      Hapus
    2. bagus banget komen kang lembu, tumben normal yah

      Hapus
    3. saya juga bingung :D

      Hapus
  18. dengan BBM jadi bisa membantu sesama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk mama cal-vin,punya BBM kan? yuk disalurkan ^_^

      Hapus
  19. BBM for you ;) BBM peduli sesama *Eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..keren juga ni mbak buat slogannya ;)

      Hapus
  20. Idenya kreatif, selain itu juga bermanfaat untuk orang banyak. Semoga selalu diberkahi segala usahanya untuk tujuan kemaslahatan ummat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas,,yuk ikut berpartisipasi di BBM.. ^_^

      Hapus
  21. informasi yang sangat menarik dan mencerahkan untuk kita semua. terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak,,yuk ah ikut berpartisipasi menyumbang BBMnya.. ^_^

      Hapus
  22. sering sering ceritain BBM nya, mana tau banyak yang terinspirasi buat ngikutin...keren dan bermanfaat untuk semua, khususnya kaum du'afa...yu mariiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kang,insyaAlloh akan saya perkenalkan lebih jauh lagi kepada teman-teman blogger :)

      Hapus
    2. kasih jurus dong kang,seperti biasanya itu lho kang

      Hapus
  23. indahnya berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,yuk ikut berpartisipasi ^^

      Hapus
  24. Wah.. hebat ya, semoga semakin banyak komunitas2 seperti ini ya... salut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak,,silahkan ikut berpartisipasi yuk.. ^_^

      Hapus
  25. subhanlloh sungguh indahnya kreaktif idenya, boleh tau lokasinya BBM di mana ya, semoga aja ada BBM yg mau di berikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hp yang sudah tertera diatas. yuk ikuatan BBMnya ^^

      Hapus
  26. BBM yg ini keren bgt deh.. bener2 bermanfaat bagi sesama.. Ga kaya' BBM androidku yg lemotnya tiada tara #eh hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak,,haha kalo yg itu mah tergantung jaringan ya mbak :D
      yuk yuk,,ikutan BBM yuk ;)

      Hapus
  27. Semoga Berkah.
    Izin copas di Blog y

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.
      silahkan asal menyertai link ini ya.. :)
      yuk turut berpartisipasi di BBM :)

      Hapus
  28. Jempol deh buat BBM, saya tinggal di Jakarta tapi barang saya di Kampung gimana ya...

    semoga dapat lombannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo BBMnya lumayan mahal,minta dijemput saja mang sama relawan BBMnya.,hehehe.
      hayuk mang ikutan berpartisipas ^_^

      Hapus
  29. wah kirain Blacbarry Masanger..eh ternyata Barang Bekas Manfaat yah

    kreatif banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,yuk silahkan berpartisipasi pak ^_^

      Hapus
  30. Semakin sering kita membagi rezeki, maka semakin banyak rezeki yang kita peroleh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuph..setuju mbak,,yuk ikut berpartisipasi di BBM ^_^

      Hapus
  31. Judulnya unik ... artikelnya bermanfaat ...

    Follow blog saya ya
    http://infoejaman.blogspot.com/
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih :)
      yuk ikut berbagi bersama BBM ^_^

      Hapus
  32. Di Kalimantan (Khususnya Balikpapan) ada gak ya? Banyak barang di rumah yang gak kepake, mau dibuang sayang. di kasih ke anak tetangga eehhh ternyata bapaknya yang marah marah, jadi tersinggung. Kalo disalurkan begini kan enak, gak sungkan ngasihnya...

    Sukses buat BBM, insya Allah Barokah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sampai kesitu kayaknya mbak,semoga suatu saat masyarakat disana membuat komunitas seperti BBM ini ya mbak. Agar barang bekas juga punya manfaat untuk sesama. Yuk mbak,ikut berpartisipasi di BBM,dijual saja barang bekasnya lalu hasilnya disumbangkan ke BBM ^_^
      terimakasih mbak.. aamiin ^^

      Hapus
  33. BBM virus yang sangat bermanfaat bagi lingkungan, suksesss

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah.. aamiin.. terimakasih mbak :)
      yuk ikutan berpartisipasi di BBM ^_^

      Hapus
  34. Subhanallah, mereka sungguh luar biasa, Malu rasanya diri sy belon banyak berbuat untuk sesama. Melihat perjuangan dan keikhlasan mereka rasanya bangga dan saluut betul. Semoga menang ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,malu karena kita hidup baru sekedar untuk kepentingan pribadi saja belum banyak membantu sesama. aamiin ya Alloh..makasih doanya :)
      yuk yuk,,ikutan berpartisipasi di BBM ^_^

      Hapus
  35. luar biasa, ini gerakan masyarakat yang harus didukung

    BalasHapus
  36. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^