Sabtu, 19 Mei 2018

Menyiapkan Ta'jil per Blok

Cluster perumahan saya terdiri dari 120 rumah dengan 10 blok. Kala Ramadhan tiba, tiap-tiap blok mendapatkan giliran untuk menyiapkan ta'jil di musholah dalam cluster.

Dimulai dari blok A yang menyiapkan ta'jil pada ramadhan hari ke 1. Dilanjutkan blok B, C dan seterusnya hingga blok J pada ramadhan hari ke 10. Setelah itu diulang lagi dari blok A sampai blok J pada ramadhan ke 11 hingga ke 20. Begitu seterusnya secara bergiliran.

Asyik ya...


Satu blok rerata terdiri dari 6 sampai 13 rumah. Nah, disinilah kebersamaan itu terjalin. Bagaimana berkoordinir antara warga sesama muslim dalam satu blok untuk menyiapkan ta'jil. Siapa bawa apa. Berapa banyak yang musti disiapkan dan pembagian giliran per rumah karena dalam satu  bulan Ramadhan masing-masing blok dapat jatah 3x menyiapkan ta'jil.

Ta'jil yang disiapkan biasanya sederhana. Misalnya kolak, puding, bermacam gorengan, es buah, roti, berbagai jenis kue basah, tapi terkadang juga ada yang menyiapkan siomay, sate sampai nasi kotak isi ayam bakar. Wah.. Spesial deh namanya kalau sudah ada nasi kotak.

Tujuan diadakannya menyiapkan ta'jil di musholah pada tiap bulan Ramadhan ini salah satunya adalah menjalin silaturahim antar warga. Walaupun di rumah masing-masing pasti sudah terdapat makanan, tapi otomatis kan sholat maghrib berjamaah di musholah, jadi bisa menikmati makanan secara bersama-sama walau dengan waktu yang singkat.

Selain itu, adanya ta'jil juga bermanfaat untuk marbot musholah, tukang kebun dan security cluster. Jadi penikmat ta'jil tidak hanya warga cluster tetapi orang yang bekerja di dalam clusterpun ikut menikmati. 

Semoga semuanya berkah dan kembali kepada yang memberi. Insya Allah selama bulan Ramadhan, pahala yang kita terima dapat balasan dengan berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin. 

Nikmatnya berpuasa adalah dengan saling berbagi ^^

#onedayonepost
#RWCODOP2018
#Ta'jil
#RWCday3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^