Senin, 23 Desember 2013

Oleh-Oleh Bikin Penasaran

Beberapa waktu lalu,aku dapat oleh-oleh dari teman yang baru saja pulang dari Bengkulu. Salah satu oleh-olehnya yang membuat aku penasaran adalah gambar dibawah ini ni..



Lempuk? apa itu lempuk? jujur aku ga tau apa itu lempuk,seperti apa bentuk dan rasanya. Tapi dari gambarnya kok ada duriannya ya,
ehmmm... mungkin lempuk itu bahasa Bengkulu dari durian kali ya,bathinku.

Ah,daripada penasaran langsung kubuka saja kemasan tersebut. Oh..coklatnya di kemas satu persatu dengan bentuk yang beragam menggunakan alumunium foil keemasan. Ada bentuk bintang,hati dan bunga. Tak sabar mau tahu apa itu lempuk,coklat langsung ku belah dua. Kutemukan gumpalan hitam lengket di tengah-tengah coklat. Durian? inikah duriannya? Makin penasaran,aku ambil sejumput gumpalan hitam tersebut lalu ku makan. Lidahku berdecak-decak merasakan rasa seperti apa yang sedang ada di mulutku. Hening beberapa saat. Aku mikir. Belum ku telan gumpalan hitam lengket itu,masih lincah menari di atas lidah. Rasa ini.... Bukan,ini bukan buah durian. Teksturnya kenyal,lengket dan rasanya memang ada rasa durian. Tapi ini bukan buah durian. Lalu apa ini?

Untuk menuntaskan rasa penasaran yang melanda jiwa dan ragaku,aku carilah di mbah gugel apa itu Lempuk. Dan... jeng jeng! Pantaslah bentuknya seperti itu. Ternyata lempuk itu dodol durian toh. Jadi,durian dicampur tepung gandum lalu diberi gula kemudian dimasak dengan waktu yang cukup lama dan lempuk ini merupakan makanan khas Bengkulu. Hadduh.. padahal aku penyuka durian tapi kok bisa terkecoh ya.. 

Oleh-oleh yang bikin penasaran


Mungkin karena lempuk ini menjadi isi coklat,jadi rasanya agak samar.

Sekian cerita hari ini,bagi yang sudah tahu lempuk itung-itung refreshing baca tulisan ini. Bagi yang belum tahu lempuk, semoga menambah wawasan tentang kekayaan kuliner Indonesia setelah baca tulisan ini. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca dari awal sampai akhir dan Selamat beraktivitas kembali :)

54 komentar:

  1. Wah kyaknya enak mbak ... Sayangnya saya gk suka durian nh

    BalasHapus
    Balasan
    1. durian 50 biji yang habiskan siapa lhooo?masak kucing ?

      Hapus
    2. Saya, mas... *ngaku deh.

      Tp ndak saya makan kok, saya jual lagi di pasar... ;)

      Hapus
    3. hahah ada kucing doya durian ya ckckckc

      Hapus
    4. kalau urusan durian,kasih saya saja deh ^_^

      Hapus
  2. sungguh "nakal" sekali penggambaran atau penulisannya.
    menggoda dan menggelitik yang baca.
    hehehe.
    tapi asik bikin penasaran dan sedikit dongkol pembaca karena ngiler ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampeyan trmasuk yg penasaran, atau yg ngiler mas?

      kl saya termasuk yg "nakal" aja...

      Hapus
    2. kalau saya termasuk yang dongkol kayaknya heheeh

      Hapus
    3. saya yang asyik aja kalo gitu :D

      Hapus
    4. ngiler apanya, lha wong saya anti durian kok....
      hehehehe

      Hapus
  3. hehehe,, ikut nyimak aja mbak soalnya saya gak suka durian

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa tahu abis baca artikel ini jadi suka durian :D

      Hapus
  4. saya jadi tahu deh, lempuk itu apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan.. nambah ilmu ya mbak :D

      Hapus
  5. hoo ternyata lempuk itu turunannya durian.. saya jg br tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik,ada yg baru tahu juga :D

      Hapus
  6. Haha gitu ya gan... cokelat lempuk baru denger saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah saya juga baru makan :D

      Hapus
  7. tapi anehnya klo dilihat dari gambar kok ada bunga raflesianya ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya gambar raflessia cuma untuk lambang toko yg jual makanan khas kota Bengkulu,selain itu bunga raflessia juga kebetulan ada di Bengkulu. Mungkin kira2 seperti itu :)

      Hapus
  8. saya juga baru tahu istilah lempuk, tapi kalo rasa cokelat pasti enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi isi cokelat enak pastinya :D

      Hapus
  9. kalo di Jambi nama nya Lempok, beda-beda tipis ya...hehee....

    Lempok itu memang dodol sich sebenarnya, dipakein durian jadi lebih enak, kalo disini di kemas nya pake tas dari tikar...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Kuala Tungkal nama Lempok juga hehehe
      ikut-ikutan kota jambi :D

      Hapus
    2. wah.. menarik ya dikemasnya pakai tas tikar.. ;)
      ternyata namanya beda2 tipis ya di jambi dan di kuala tungkal :D

      Hapus
  10. Jadi mau, bagi dooonnnng,..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaagh sudah habis mbak :D

      Hapus
    2. kulit duren mau ?

      Hapus
  11. Lempuk adalah benda yang tidak keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. lempuk itu sejenis tanah liat

      Hapus
  12. waduh ternyata Lempuk adalah coklat ya ckckck, jadi penasaran saya pengen nyobain nyicip

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mang,lempuk itu dodol duren :D

      Hapus
    2. oooh ada ya dodol duren... baru tau saya hehehe

      Hapus
  13. lempuk itu tidak kasar kan?

    BalasHapus
  14. Sama kayak saya, dapet oleh2 kripik apel dan dodol susu, ternyata enak juga... hehehe kalo durian saya malah gak gitu suka, hehehe

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oleh2nya unik2 ya mas :D
      terimakasih sudah berkunjung dan memfollow ^^

      Hapus
  15. kalo udah berhubungan dengan durian...apapun bentuk dan modelnya, saya berani barter deh sama ubi cilembu..
    #menetes air liur...ngebayangin dodol duren itu ada dihadapanku.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyuka durian juga ya kang.. ehmmm mau dong ubi cilembunya kang.. :D

      Hapus
  16. Saya pernah makan dodol durian itu juga,kami menyebutnya Lempok.
    Di Kaltim juga banyak
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lempok juga ya pakde.. saya baru tau ini ni :)

      Hapus
  17. Iya nih, saya tahunya juga lempok. Tapi saya belum pernah makan, soalnya nggak suka durian. Aneh sebenarnya, soalnya anggota keluarga saya semuanya suka durian, hehe.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada lempok ya taunya.. saya baru tau ini ^^

      Hapus
  18. Hoo jadi kalo di Bengkulu namany Lempuk, ahaa jadi tau..

    Makanannya sama tapi karna beda daerah jadi beda juga namanya :D

    BalasHapus
  19. ikut nyimak dulu mbak

    kunjungan perdana

    nice info

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan.. :)
      balik lagi ya kesini ^^

      Hapus
  20. lempuk itu jadi makusudnya daleman coklat, gitu? :D

    BalasHapus
  21. terimaksih sudah berbagi infonya, sangat bermanfaat
    obat herbal tipes mujarab

    BalasHapus
  22. solusi untuk mengobati penyakit yang abda keluhkan
    obat herbal tumor otak

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^