Rabu, 18 September 2013

Kualanamu International Airport

Pulang kampung tahun ini alhamdulillaah kami bisa nyobain bandara internasional Kualanamu di Sumatera Utara. Bandara ini dibangun untuk menggantikan bandara yang lama yaitu Polonia. Sesuai yang di beritakan,Bandara Kualanamu ini memang jauh lebih besar dari Polonia. Dengan luas area 1.365 hektare,bisa dibayangkan gimana luasnya. Bandara ini terbesar kedua di Indonesia setelah Soekarno Hatta.


Dari kota Medan menuju Kualanamu,transportasi yang kami pilih yaitu taxi. Alasannya,lebih praktis dan efisien. 
Dengan perbandingan:
1. Naik kereta api,ongkos perorang Rp. 80.000 (kami bertiga tapi yang bayar hanya dewasa jadi dikali 2 = Rp. 160.000) ditambah ongkos naik angkot ke stasiun (kami kurang tau biayanya, anggap saja 2 orang Rp. 10.000). Jadi kalau naik kereta ongkosnya kira-kira Rp. 170.000.
2. Naik bus/Damri,ongkos @Rp. 15.000x2= Rp. 30.000 ditambah ongkos ke Plaza Medan Fair (karena Damrinya dari sana),kami juga kurang tau berapa biayanya,anggap saja 2 orang Rp.10.000. Jadi total naik Damri kira-kira Rp. 40.000.

Kedua kendaraan diatas,belum termasuk tenaga kami bawa-bawa barang pindah dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Dilihat dari barang bawaan kami (edisi pulang kampung bung!) yang WOW,dengan salah satu diantara kami menggendong athar (usia Athar 11 bulan,sudah bisa jalan tapi masih belum terlalu lancar) maka dapat dibayangkan bagaimana repotnya bila harus naik turun gonta ganti kendaraan.

Jadi dengan sangat bijak kami memutuskan untuk naik taxi saja. Dengan ongkos yang ditunjukan pada argometer foto di bawah ini,kami sudah mampir ke Toko Bolu Meranti dan ATM. Kami juga tinggal duduk manis,tidak kegerahan dan hemat tenaga. Oya,waktu tempuh dari kota Medan ke Kualanamu sekitar 1-1.5 jam lewat tol.


Sampai di pintu masuk bandara,terlihat lurus agak ke kiri counter check in maskapai Garuda sedangkan di sebelah kanan counter check in maskapai selain garuda.



Ayah Athar lagi check in nih.. 
Oya,Kami kurang tahu biaya airport tax untuk bandara kualanamu ini. Karena kalau menggunakan maskapai Garuda sudah bebas airport tax.

Sambil menunggu Ayah Athar check in,Athar minta keliling bandara nih. Yuuukk... jalan sana.. jalan sini... hehehe.

Mejeng dulu ah sama Ayah.. ;)

Foto di bawah ini,jalan menuju boarding lounges. Keren..keren!

Yang aku lihat,Konsep dari bandara ini sepertinya dibikin menyerupai mall. Terlihat disisi kanan jalan menuju ruang tunggu banyak toko. Ya walaupun ketika kemarin kami disini banyak toko yang masih tutup. Mungkin karena bandara ini baru dibuka tanggal 25 juli (kami kesini tanggal 1 agustus).


Ini nih,penampakan boarding loungesnya. Lantainya full karpet. Jadi kalau kehabisan kursi,bolehlah lesehan di bawah,hehe..


Sambil menunggu mau naik pesawat,Athar meninjau boarding lounges dulu sama ayah. Ternyata di dalam ruang tunggu ini ga ada toilet dan musholah. Alamaaakk,,berarti kalau mau ke toilet atau musholah harus keluar dulu melalui pintu gate 6,nanti masuk lagi lewat pintu masuk dimana gate kita berada. Cukup merepotkan. Toilet dan musholah adalah dua bangunan paling penting yang seharusnya terdapat di dalam ruang ini. Itu kekurangannya menurutku. Kalau kelebihannya,di dalam ruang tunggu ini kita bisa menikmati pesawat lalu lalang di appron.


Nah.. sampai disini dulu ya ceritanya. Pesawatnya udah siap,kami sudah dipanggil untuk boarding. InsyaAlloh akan aku lanjutin lagi dengan cerita-cerita lainnya.. ^,^

17 komentar:

  1. wuihhhh...luassss banget ya mbak...ioya, katanya beberapa hari lalu kualanamu kena asap juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak luaass.. :D oh iyakah?aku kurang tau juga mbak,,aku ga di sumut di tinggalnya :D

      Hapus
  2. bagus banget yak.. ditunggu lagi ceritanya ^^

    BalasHapus
  3. luas terkesan sepi pengunjung nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. rame banget mas sebenarnya :D

      Hapus
  4. Waaah Bandaranya luas sekali yaa...Iya waktu ngurusin dokumen bosku kok Bandaranya bukan POlonia? terus kemarin ngobrol ma temen kantor *orang Medan ternyata betuuul BAndaranya pindah dan berganti Kualanamu...Mba...Athar lucuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi,,udah pindah bandaranya :)
      hihihi...makasih tante,,gimana kabar mas faiz? ^^

      Hapus
  5. kayaknya bisa reabahan juga tuh di karpet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kang,kemaren juga ada bule yg rebahan eh.. lesehan doank ding :D

      Hapus
  6. belom ada cerita terbaru lagi yak? ya uda deh pulang, besok berkunjung kesini lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadduh.. belum sempat mbak.. mampir2 sini lagi ya mbak besok2 ^^

      Hapus
  7. bandaranya luas sekali.
    kirain yang nomer dua bandara adi sucipto yogyakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah ke adi sucipto sih..
      kalo menurut berita di media,ini yg no 2 :)

      Hapus
  8. Bandara baru dan fasilitasnya pun masih bagus dan serba baru :)

    Semoga kedepannya, Indonesia mempunyai bandara sekelas ini atau SoeTa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, bandara lainnya di Indonesia seperti ini fasilitasnya hehehe

      Hapus
    2. iya mbak,,mudah2an ya..
      terutama fasilitasnya sih ya,harus terus di jaga :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^