Jumat, 21 Oktober 2011

PLTD Apung 1 Yang Angker????? (Saksi Bisu Kedahsyatan Tsunami)

Teman-teman masih ingat dong peristiwa dahsyat yang terjadi di Bumi Serambi Mekah,Nangroe Aceh Darussalam 26 Desember 2004 lalu???
Yapz,,bencana yang teramat sangat luar biasa untuk Negara kita waktu itu. Kalo kata orang Tsunami namanya.

Teman-teman juga masih ingat kan ada kapal yang terdampar di tengah kota karena terbawa arus Tsunami??! Nah.. kali ini postinganku tentang kapal tersebut niiih. Pengen sedikit bagi-bagi cerita dan gambar aja ni sama teman-teman. http://www.smileycodes.info


Salah satu bukti kedahsayatan gelombang tsunami yang melanda Aceh Desember 2004 silam dapat disaksikan melalui keberadaan PLTD Apung I di daerah Kampung Punge Blangcut, Kecamatan Jayabaru, Banda Aceh.
Kapal ini memiliki berat 2.600 ton. Memiliki panjang 63 meter dan luas 1.900 M2. Dengan ukuran tersebut,teman-teman bisa bayangkan beban dan besarnya kapal tersebut. ckckck...
http://www.smileycodes.info

Teman-teman bisa membayangkan bagaimana besarnya kapal ini dengan cara membandingkan dengan mobil yang diparkir di bawahnya :)






PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung milik Pertamina ini merupakan penyuplai listrik kota Banda Aceh. Jika seluruh Kota Banda Aceh memerlukan aliran listrik sebanyak 38 MW, maka PLTD apung itu mampu menyuplai hampir sepertiga kebutuhan listrik di Ibu Kota Nanggroe Aceh Darussalam.

Teman-teman juga dapat menikmati pemandangan kota Banda Aceh dari atas kapal ini. Teman-teman dapat melihat deretan Bukit Barisan, deretan rumah yang baru dibangun, serta laut dikejauhan. waktu aku naik ke atas kapal ini sih,,yaaa cukup membuat merinding teman-teman. soalnya tangga untuk naik di dalam kapal ini sudah agak keropos. Tapi itu kan menurutku. sebenarnya sih aman-aman aja teman-teman.. http://www.smileycodes.info

Ini pemandangan dari atas kapal,tapi kok benderanya udah robek gitu ya? Teman-teman ada yang mau nyumbang bendera untuk kapal ini?hehehe :D



Yang membuat wilayah disekitar kapal ini terasa agak seram,karena kapal ini berhenti diatas satu unit rumah dan pemakaman. Hiiiiyyy agak gimana gitu ya teman-teman.... terus ni ya teman-teman,,dari pas tsunami sampe sekarang kapal ini tidak berubah posisi. Jadi teman-teman bisa bayangin pasti di bawah kapal ini terdapat jenazah-jenazah yang sampe sekarang masih tertimbun/tertindih oleh kapal ini. ehmmm....

Tepat disamping kapal, dibangun taman untuk anak-anak korban tsunami bermain serta menghilangkan trauma. Taman Edukasi namanya. Di sekitar taman, berdiri satu bangunan yang berisi catatan sejarah serta foto-foto dampak tsunami. Total luas lahan objek wisata itu sekitar dua hektare.

keliatan ga teman-teman tulisan 'Taman Edukasi Tsunami'nya???

Ini sebagian tamannya :)

kalo ini foto-foto bangunan yang rusak akibat tsunami,,

Naaah...kalo yang ini foto-foto korban tsunami. serem yah...

Agak kecewa juga sih sama Taman Edukasi ini. Kecewa karena isinya ga sesuai sama namanya. Namanya taman Edukasi,tapi isinya malah foto-foto korban tsunami. Seharusnya yang namanya Taman Edukasi itu isinya bagaimana terjadinya tsunami,mengapa bisa terjadi tsunami,dampaknya bagi lingkungan,cara mengatasi tsunami de-el-el. eeeh ini malah isinya seperti itu. Sangat disayangkan. http://www.smileycodes.info

Nah,kalo teman-teman mau beli souvenir,tidak jauh dari Taman Edukasi terdapat kios yang menjual berbagai macam souvenir khas Aceh. Tapi dibawah ini bukan kios souvenirnya teman-teman,,ini cuma... apa ya.... cuma spanduk kata-kata aja teman-teman... http://www.smileycodes.info 



Gimana teman-teman setelah melihat-lihat foto diatas???
Semoga mewakili teman-teman yang belum pernah ke Banda Aceh ya.. http://www.smileycodes.info
Kalo suatu saat teman-teman berkesempatan ke Banda Aceh,jangan lupa untuk berkunjung ke tempat kapal PLTD Apung ini. Kata orang,kalo belum ke kapal PLTD ini,belum ke banda Aceh namanya http://www.smileycodes.info



Untuk kesan angker???
biar teman-teman sendiri aja deh yang menjawab http://www.smileycodes.info

2 komentar:

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^