Selasa, 29 Oktober 2013

Tongseng Kambing_LeZaT ^,^

Kalau kemarin ada kari bebek,hari ini saatnya tongseng kambing yang mau mengisi postinganku,hehe.
Berhubung di kulkas masih ada sisa daging kambing,lumayanlah buat lauk 2 hari ini. Lagipula di lhokseumawe ga ada tongseng,jadilah aku bikin (lagi) sendiri aja tongseng kambing ala chef Yulita yang resepnya hampir sama kayak kari bebek kemarin,tapi
bumbunya lebih sedikit plus ada kecap manisnya. Yapz.. langsung aja liat resepnya disini yaa ;)

Bahan:
- 1kg daging kambing,potong dadu
- 2 liter air
- 500mL santan cair
- 2 batang serai
- 6 lembar daun jeruk
- 3 ruas kunyit, cincang
- 2 ruas jahe
- 2 ruas lengkuas
- 20 cabe rawit ( 10 utuh, 10 iris) atau sesuai selera
- 7 lembar daun kol,potong
- 2 buah tomat potong 8
- 6 sendok kecap manis atau sesuai selera
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdm gula pasir
- garam secukupnya

Bumbu haluskan:
- 10 butir bawang merah
- 7 butir bawang putih
- 5 butir kemiri
- 2 sdt ketumbar
- 1/2 sdt jinten
- 10 buah cabai merah

Cara memasak:
- tumis bumbu halus hingga harum,masukkan jahe,daun jeruk,lengkuas,serai dan kunyit.
- masukkan daging,aduk sampai daging kaku atau berubah warna
- tambahkan air,santan encer dan kecap manis,masak sampai daging benar-benar empuk,aduk sesekali
- kalau daging sudah empuk,tambahkan gula,garam,merica, kol,tomat dan cabai rawitnya. masak sebentar sampai kol agak layu.
- cicipi dan atur rasa sesuai selera
- Matikan kompor,dan siap disajikan ^^

maaf yaa foto agak blur,,pake Hp soalnya,hehe

Resep tongseng kambing kali ini aku nyoba pakai santan. Dulu pernah bikin yang ga pakai santan. Rasanya sama-sama enak bin lezat,punya ciri khas rasa tersendiri. Oya,kalau masalah cabai rawit,kami penyuka pedas,jadi bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing yaa :)

Oke,selamat mencobaaa ^,^

30 komentar:

  1. sampai saat ini saya belum pernah merasakan masakan yang namanya tongseng, lidah desa memang terbiasa makan dengan sambel, sayur asem, bayam dan juga tempe sebagai lauknya, ditambah ikan asin.
    hehehehe.
    saya menghindari makanan berbahan kambing mbak, bau nya apek....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tongseng asli solo loh mas,hehe..
      kambing,durian ga suka yaa.. padahal uenaakk itu mas,hehehe

      Hapus
    2. lha iya itu, katanya orang orang itu enak, padahal saya malah menjauh, bau aromanya aja langsung kabur, heehehehe

      Hapus
    3. berarti ga bisa dekat2 dengan kambing ya mas :D

      Hapus
  2. wah, tongseng ini menu andalan saya Mbak, soalnya saya nggak begitu pandai bikin gulai, ya di tongseng aja, kadang ayam, kadang daging...kalau kambing di sini nggak ada...lebih seger kalau nggak pake santen lho Mbak Yulita

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ahlinya bikin tongseng ya mbak..;)
      dulu pernah bikin tongseng ayam,tapi ga terlalu sedap ya mbak dibanding daging :D
      iya mbak,kalau ga pake santan kuahnya lebih cair ya,kecapnya agak di banyakin juga ya mbak :)

      Hapus
  3. mbaknya asli Solo ya??
    kalau aku mau tongseng tinggal jalan 200 meter dari rumah, gak pake ribet masak, maklum kaum adam lebih suka yg praktis, apalagi bujangan, hehe :p
    salam EPICENTRUM :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mas,hehe..
      iya kalo ada yg jual sih tinggal beli ya mas,sayangnya disini ga ada yg jual tongseng. jadi daripada ngiler liat di tv mending bikin aja deh :D

      Hapus
  4. hmmmm enak ya mbak, aku cuma bis amakan belum pernah coa buat sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm enak banged mama cal-vin :D
      hayuk dicoba resepnya kapan2 ^^

      Hapus
  5. ternyata begitu ya cara membuat tongseng kambing bumbunya juga gampang di dapat karena ada di halaman belakang rumah saya... nanti saya suruh istri saya praktekan membuat tongsengnya ala chef Yuli .... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gampang banget mang. makin lama makin ngeresep rasanya,hehehe
      wah halaman belakang rumahnya besar kalo gitu ya mang :)

      Hapus
  6. Saya belum pernah makan tongseng, boleh gak nyobain yg itu ajaa? hhihhi
    naluri belajar masaknya belum adaa :p *alesan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah habis mbak kalo yang itu :D
      nanti juga kalo terpaksa ada naluri belajar masak mbak,,hihihi^^

      Hapus
  7. Keluarga saya pada suka tongseng kambing dan masakan olahan daging kambing lainnya.... Cuma saya doang yg nggak suka, soalnya nggak bisa makan daging kambing, nggak doyan, hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah.,rugi loh mas kalo ga doyan kambing.kambing kan kaya vitamin B yang bagus untuk pembakaran lemak... #ngompor-ngompori biar suka :D

      Hapus
  8. kalo urusan tongseng kambing atau gulai atau sate saya siap jadi tukang cicipnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak saya,sukanya yg kayak gitu :D
      hayuk di cicipi,,enak loh,,hehehe

      Hapus
  9. Aduh-aduh, tau gini kemarin pas Idul Kurban buat tongsenglah -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa mas kalo kapan-kapan mau bikin tongseng :D

      Hapus
  10. Kemarin pas Idul Adha, dagingnya buat tongseng dan enak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. puass ya mbak makannya kalo bikin sendiri,banyak soalnya dagingnya :D

      Hapus
  11. sudah lama saya tidak menikmati tong seng, kalo ke jakarta aku pasti nyari tong seng, rasanya enak dan membuat semangat kerja jadi full......luarbiasa, eh ada resepnya pula, kapan2 aku mau minta istriku praktekkan resep ini...,
    btw-aku juga lagi buat GA, dicari 32 orang blogger yg suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang buat dapatkan gift unik dari Makassar, Tana Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan.....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiph..silahkan dipraktekan mas ^^
      wah..apa ni temanya.. boleh juga hadiahnya :D

      Hapus
  12. Pasti mantabs rasanya ya mb..

    BalasHapus
  13. wahhh mantap ya mbak...
    saya termasuk penggemar tongseng mbak.. enaknya kalo bisa masak sendiri... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mbak,,makanya kepengen bisa bikin tongseng :D

      Hapus
  14. Ngiler tapi gak bisa nyobain mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. liat gambarnya aja deh ya mak :D

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^