Senin, 28 Oktober 2013

Kari Bebek_MaknYusSss ^_^

Siapa yang suka bebek? #acung tangan sendiri ^_^
Kuliner yang satu ini benar-benar membangkitkan selera makan loh.. Dengan rasanya yang  sedikit pedas,gurih dan kaya rempah-rempah,kari bebek ini lezat di nikmati begitu saja alias tanpa nasi. Karena sensasi kuahnya yang begitu_aduhai_akan berkurang jika dicampur dengan nasi.Tetapi kalau pakai nasi cocok juga kok,secara..kebanyakan orang indonesia katanya belum makan kalau belum makan nasi,hehe.

Nah.. beberapa waktu lalu,aku iseng-iseng bikin kari bebek. Request dari suami juga sih yang
katanya lagi kepengen bebek di kari. Oke,aku langsung ingat-ingat resep kari kambing yang dulu pernah aku buat. Langsung deh hari minggu pagi cap cus ke pasar buat beli bebek.
Aku tulis resepnya disini yaa :)

Bahan:
- 1 ekor bebek. Cuci bersih potong sesuai selera
- 2 Liter air
- 1 liter santan dari 1 butir kelapa,pisah cair dan kentalnya
- 15 siung bawang merah iris tipis
- 7 siung bawang putih iris tipis
- 10 butir cengkeh
- 5 butir kapulaga
- 6 butir buah kepak atau bunga lawang
- 5 cm kayu manis
- ¼ sdt merica bubuk
- 1 sdm gula pasir
- Garam secukupnya

Bumbu halus:
- 12 siung bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 5 butir kemiri
- 2 ruas jahe
- 3 ruas kunyit
- 1 sdt ketumbar sangrai
- ¼ sdt jintan sangrai
- 25 buah cabai merah

Cara memasak:
-Tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai harum/layu
- Masukan bumbu halus beserta rempah-rempahnya (kayu manis,cengkeh,kapulaga,buah kepak)
- Masukan bebek,aduk bersama bumbu sampai daging kaku/berubah warna
- Tambahkan santan encer dan air,masak sampai daging benar-benar empuk (kalo aku ± 90 menit)
- Masukan santan kental,aduk pelan-pelan dengan api kecil.
- Beri merica halus,gula dan garam.
- Aduk perlahan sampai santan matang
- Cicipi,atur rasanya sesuai selera.

Penampakan kari bebek maknyusnya :D
yang kiri pas sudah di mangkuk,yang kanan pas lagi di masak :)

Dan taraaaa jadi deh.. rasanya?? Hmmmhhmmmm MaKnYuSss....
Gimana.. gimana... tertarik mau nyoba? silahkan.. ^,^
oya,bumbu (cabai,gula,garam dan merica) bisa di tambah atau di kurangi ya,tergantung selera aja. 
Oke,selamat mencobaaa ^_^


23 komentar:

  1. memang di post di majalah juga ya Mbak? hehehe

    kari..oh kari, saya selalu kesulitan masak kari...rasanya nggak pas terus. jadi milih praktisnya aja, ke pasar beli bumbu sama yang jualan bumbu halus, minta diracikkan, sampe rumah tinggal numis dan masukkan ini itu daaannnn jadi deh...dijamin rasanya enak..hehehe curang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. curang tapi enak lho..hehe
      sama halnya saat saya masih ngekost dulu, pengen bereksperimen dengan jangan Bali, beli bumbu bali dan suruh meracikkan orangnya, di kost an tinggal ngulek saja.
      hasilnya..
      ancur dijamin mencret, hehehehe

      Hapus
    2. hihihi,itu keajaiban aplikasi photo zaman sekarang mbak :D
      iya mbak,bikin kari memang bumbunya harus super buanyakk dan lengkap biar nyesss rasanya :D

      yaagh,eksperimennya gagal ya mas,ga belajar sama saya sih,hehehe

      Hapus
  2. kalau urusan kari, pakai pasangan apapun jadi enak, kari sapi ada gak ya ? hehehehe
    dan pasangannya kebetulan ikan bebek, bebek di apakan hasilnya tetep enak.
    saya suka bebek yang pakai sambal tanpa kuah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau penyuka bebek,diapain aja enak ya mas. saya teemasuk yang diapain aja suka asal bebek matang :D

      Hapus
  3. wah mantap sekali iini mbak...rasanya bikin perut keroncongan, dengan membayangkannya saja sudah tak tahan hehehe...terima kasih mbak atas resep masakan bebek maknyuss ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas. iya memang bener2 enak deh^^

      Hapus
  4. Balasan
    1. boleh..boleh.. hayuk dicoba aja resepnya mama cal-vin, kalau ga bisa nyicipin punya aku :D

      Hapus
  5. Mantep mbak menunya ^^

    Tapi saya lebih suka ayam daripada bebek hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi intinya suka bebek kan? :D
      hehehe.. iya kalo makan pake ini pengen nambah terus :P

      Hapus
  6. Wah mampir kesini jadi laper hehe...
    Dari dulu saya suka makanan dari bebek, mau di goreng, di sate, enak rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambarnya menggoda ya pak,hehe..
      iya,bebek memang enak diapain aja ya..

      Hapus
  7. saya belum bisa komentar sebelum kari bebeknya nyampe kemari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. basi kang pas udah nyampe sana :D

      Hapus
  8. wah mantab kelihatannya kari bebeknya... berhubung saya suka daging bebek jadi saya langsung praktek dari pada nunggu dikirim dari sang admin eheheheh

    baru berkunjung kesini eh template blognya abis keramas ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab banged mang..bener tuh mang lebih asyik bikin sendiri daripada nunggu kiriman ga naympe-nyampe..hehehe.
      iya biar lebih segar dan ganti suasana mang,kan abis lebaran haji..#apa hubungannya ya,hehe

      Hapus
  9. Wah bikin ngiler ini mbk :D

    BalasHapus
  10. mantep banget... belum kesampean dapet bebek halal di sini.. harus naik bis entah berapa km, haha.. tapi insya allah nanti dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak,mikir juga disana harus pinter2 milih makanan.. siph mbak silahkan ^^

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^