Rabu, 24 Januari 2018

Pengalaman Pertama Akhtar Saat Gempa

Gempa yang terjadi pada siang hari kemarin merupakan pengalaman pertama bagi Akhtar. Yuph,selama ini dia belum pernah merasakan gempa secara sadar. Pernah waktu itu ketika kami masih di Aceh sekitar tahun 2013 lalu,terjadi gempa kecil namun usia Akhtar saat itu belum genap satu tahun,jadi dia belum mengerti.

Saat terjadi gempa kemarin,saya dan Akhtar sedang berada di dalam kamar. Awalnya saya tidak menyadarinya. Saya pikir Akhtar dorong-dorong kasur karena dia memang sedang bermain mobil-mobilan.

"Akhtar dorong kasur ya?", saya berselidik.
"enggak bunda, memang goyang-goyang..", Akhtar menjawab seperti orang bingung.
Tak lama kemudian kami seperti diayun. Kali ini gerakannya lumayan kencang. Sontak saya berlari mengambil jilbab dan menggandeng Akhtar menuju pintu ruang tamu. Kamipun keluar. Para tetangga hampir semuanya keluar rumah.


"Bunda,kenapa sih gempa?", Akhtar bertanya dengan raut wajah ketakutan. 
"Akhtar ga mau hari akhir, Bunda..", lanjutnya dengan mata berkaca-kaca.

Eh,hari akhir? sudah mengerti kah dia tentang hari akhir? Saya tersenyum lalu mengiyakan bahwa gempa memang termasuk salah satu tanda hari akhir, akan tetapi bukan gempa yang seperti ini. Kemudian saya menjelaskan sedikit mengenai apa penyebab terjadinya gempa. Yakni,gempa bisa terjadi karena ada pergeseran lempeng di dalam bumi, bisa juga karena aktivitas gunung meletus. Tentu saja menurut sepengetahuan saya yang notabenenya orang awam, bukan ahlinya di bidang meteorologi, klimatologi ataupun geofisika,ehehehe. 

Begitulah sedikit cerita tentang pengalaman pertama Akhtar saat merasakan gempa. Anak usia lima tahun memang apa adanya. Selama ini yang dia tahu dari sekolahnya kalau gempa itu berhubungan dengan hari akhir. Padahal enggak gitu juga.. Hihi. 

Sholih ya, Nak. 




“Kewajiban ketika terjadi gempa bumi dan lainnya semisal gerhana, angin kuat, banjir yaitu bertaubat, merendahkan diri kepada-Nya, meminta afiyah/keselamatan, memperbanyak dzikir dan ISTIGFAR” (Majmu’ Fatawa 150/152-9)



#onedayonepost
#odopbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^