Rabu, 09 November 2016

Tetangga dan Kerabat yang Baik adalah Rezeky

Suatu hari di sore hari, tetangga A datang ke rumah saya..
"Assalamu'alaykum..  Nyicipin ya mbak.."

Hari yang lainnya, tetangga B ketok-ketok pintu..
"Assalamu'alaykum..  Mumpung anak tidur, cuma sedikit ya mbak.. "

Berikutnya, tetangga C whatsapp..
" mbak, ada di rumah? Mau ngasih sesuatu"

Lain hari, tetangga D manggil-manggil..
"Assalamu'alaykum Bunda Akhtar.. Ngembaliin piring,nyicipin aja ya.. "

Maasyaa Allah...
Sungguh indah memiliki tetangga yang baik.  Dulu, sebelum saya pindah ke rumah yang sekarang, doa saya hanya 3 yang terkait dengan rumah.  Yang pertama,semoga rumah yang saya tempati memberikan kenyamanan dan kesyukuran yang tiada henti.  Kedua, semoga diberikan tetangga yang baik.  Yang ketiga, semoga berkah semuanya. Hehe..

Kembali ke tulisan diatas,saya termasuk orang yang senang sekali kalau dikasih sesuatu oleh tetangga.  Mau makanan atau barang, wuaaa sama senangnya. Rezeky euy,rezeky.. Yaiyalah ya, namanya juga gratisan, siapa sih yang enggak senang, hihihi.  Apalagi kalau makanan,tinggal hap siapa yang nolak coba, haha. Etapi kadang dapat juga makanan mentah,kalau mentah ya dimasak dulu lah ya, hihi.

Oiya, tak jarang lho saya dapat makanan yang aneh-aneh.  Aneh disini maksudnya, saya belum pernah tahu sebelumnya. Misal, makanan khas suatu daerah gitu.  Kadang saya sampai nanya-nanya ini makannya gimana, terus kalau dapatnya masih mentah, sayapun tak segan-segan bertanya juga cara memasaknya. Hehe..  Seru ya, walau kadang malu-maluin karena belum tahu makanan ini dan itu padahal makanannya familiar :D Pokoknya saling memberi itu indah banget deh ya..  :)

“Wahai sekalian wanita muslimah, tidak diperbolehkan seorang tetangga menganggap remeh pemberian yang dia berikan kepada tetangganya. meskipun hanya sedikit.” (HR. Bukhari-Muslim)

Duh, kalau saya mah.. dikasih sedikit sama tetangga yaa minta lagi, huahaha..  Enggak kok, enggak salah lagi. Hehe.. Minta dikemplang ini mah ya :D

Tapi jujur,kadang kalau dikasihnya cuma sedikit itu ada perasaan kurang di saya.  Secara,kami sekeluarga emang doyan makan, wakakak. Tapi kembali lagi, seberapapun yang dikasih tetangga buat saya, saya sangat senaaang sekali dan merasa diperhatikan oleh tetangga tersebut. Bener kan? Coba deh bayangin, misal ada tetangga yang ngasih oleh-oleh ke kita pas abis mudik.  Itu tandanya kan kita diingat oleh beliau. Jauh-jauh mudik, ternyata masih ingat dengan kita.  Pun, barang bawaan orang yang mudik itu kan enggak cuma 1 atau 2 tas ya, dengan membawa oleh-oleh buat kita, berarti nambah juga donk barang bawaannya. Waaa...  Luar biasa sekali yaa..  :) 


Oiya, tetangga yang baik bagi saya ga cuma ngasih makanan aja,tapi tolong menolong meminjamkan barang ataupun bertukar pikiran hal positif yang membuat saya semakin lebih mengerti tentang hidup,itu yang utama. 

Contohnya, ketika tetangga mengingatkan hari akan turun hujan atau malah mengangkat jemuran kita saat kita enggak ada di rumah. Ini kejadian sewaktu saya masih di Aceh, karena saya menjemurnya di teras rumah yang apabila hujan, pakaian yang dijemur bisa kuyup lagi. Terimakasih ya mbak titik-titik, semoga Allah senantiasa melindungi mbak sekeluarga, sehat-sehat ya mbak..  :*

Kemudian ada juga kerabat yang menemani saya melahirkan, menunggui proses persalinan saya yang bisa dibilang penuh haru biru, hihihi. Beliau mengantarkan saya pulang dari bidan dan plus plusnya banyaaaak sekali.  Terimakasih ya kak titik-titik. Berkah selalu, dan semoga Allah mengabulkan doa-doa kakak di waktu yang tepat :*

Sungguh, memiliki tetangga dan kerabat yang baik adalah rezeky. Rezeky yang Allah berikan dan pilihkan untuk saya. Semoga selalu terjaga silaturahim ini hingga ke jannahNYA..  Aamiin.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^