Jumat, 30 September 2011

Bakti Perempuan: Antara Suami dan Orang Tua


Jika sudah menikah,
manakah yang harus di dahulukan…
taat kepada orang tua atau suami?


Jawabannya mungkin sudah dipahami sebagian kita;taat seorang suami adalah kepada ibunya. Taat seorang istri adalah kepada suaminya.

“Tidak patut bagi manusia untuk bersujud kepada manusia yang lain,dan kalau patut seorang manusia untuk bersujud kepada manusia yang lain tentu aku perintahkan kepada perempuan supaya bersujud kepada suaminya,karena besarnya hak suami atas perempuan” (HR.Ahmad)

Syikul Islam Ibnu Taimiyah juga mengatakan,
“Segala puji bagi Rabb alam semesta. Seorang perempuan apabila telah dikawinkan maka suaminya lebih berhak terhadapnya daripada kedua orang tuanya,dan taat kepada suami itu lebih wajib atasnya”

Sementara di dalam Al Qur’an Allah berfirman,
“Sebab itu maka wanita yang shalihah,ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada. Oleh karena Allah telah memelihara mereka.” (An-Nisa: 34)
 
Maka perempuan itu disisi suaminya serupa budak dan tawanan,karena itu ia tidak boleh keluar dari rumahnya kecualidengan izin suaminya. Baik perempuan itu disuruh bapaknya,ibunya,atau lainnya. Demikian kesepakatan menurut para imam.
Dan apabila suami hendak membawa istrinya pindah ke suatu tempat sementara ia adalah orang yang senantiasa melakukansegala yang menjadi kewajibannya dan menjaga batas-batas Allah padanya,namun bapaknya melarang menaati suaminya dalam hal itu (perpindahan),maka istri itu wajib menaati suaminya bukan orang tuanya.
(Diambil dari buku Sakinah Bersamamu,halaman 303-306)













Aku jadi inget beberapa hari setelah aku menikah,ada seorang teman sms padaku memberikan ucapan selamat. Yaagh… isinya hampir sama seperti ucapan teman-teman yang lain,secara langsung, lewat sms ataupun melalui FB. Namun yang membuatnya berbeda di kalimat terakhir smsnya terdapat tulisan “waktu belum nikah nurut sama ortu,kalo udah nikah nurutnya sama suami =)” Aku tersenyum membacanya. Dari semua ucapan teman-teman hanya temanku inilah yang paling berkesan. Hal yang sudah kita ketahui bersama namun sering kita lupakan...
http://www.smileycodes.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^