Kamis, 19 September 2013

Nikahan Sepupu

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. 
(Qs. Ar. Ruum (30) : 21).

Bulan Ramadhan kemarin,salah satu dari sepupu perempuan suamiku ada yang nikah. Alhamdulillaah banget kami sudah ada di Jakarta,jadi bisa menghadiri acara tersebut. Tapi aku sedih juga karena ga bisa datang dan melihat acara sakral itu,karena ga boleh sama mama mertua. What??! kok tega nian mama mertua melarang menantunya yang paling cantik ini menghadiri acara nikahan itu??? Padahal acara ini cuma nikahnya aja,resepsinya bulan oktober yang sudah dipastikan kami tidak bisa datang. Tapi aku ga boleh datang..huhuhu... Ya jelas aja ga boleh,lhawong acaranya malem. Malem banget malah. Acara ijab kabul baru di mulai jam setengah sepuluh malam cobak. Maksudnya,biar pada selesai tarawih dulu gitu.. Nah..makanya aku dan Athar ga dibolehin mama mertua datang. Alasan beliau,Athar masih kecil,kasian kalau waktu tidurnya keganggu,jadi cuma suami aja yang datang. Okesiph,sebagai menantu yang baik,aku nurut sama mama mertua deh~ehm~.

Oiyaa... kenapa sih mesti bulan ramadhan nikahnya? Yang aku tahu,kisah sang pengantin ini kayak FTV,hehehe. Detailnya aku kurang paham gimana-gimananya. Intinya,pernikahan mereka sudah tertunda 2 kali. Yang pertama,uang untuk nikah hilang/kemalingan atau apalah aku kurang tahu. Yang kedua,ayah dari mempelai pria meninggal dunia. Mereka ini juga masih saudara (jauh),dijodohin gitu deh.. :)
+++


Dengan diiringi musik rebana,calon mempelai pria melangkahkan kaki menuju rumah calon istrinya. Dengan jas putih ala betawi,didampingi sang ibu dan dibuntuti oleh sekian banyak saudaranya yang membawa seserahan,mempelai pria nampak gagah. Wajah tegang dan hati berdebar-debar sepertinya sudah hal yang pasti dialami oleh setiap orang yang mau menikah. ya apa ya? *nyengir kuda

Mempelai pria dan rombongan  akhirnya tiba di rumah mempelai wanita,mereka disambut oleh segenap keluarga dan kerabat dari pihak wanita. 

Naah... ini ni yang menjadi ciri khas pernikahan adat betawi,selalu ada roti buaya di seserahannya. Kenapa ya? menurut tradisi,buaya adalah hewan yang setia pada pasangannya. Ga pernah gonta ganti ataupun selingkuh. Makanya,selalu ada buaya eh roti buaya di kebanyakan nikahan adat betawi. Suamiku dulu juga ngasih roti buaya pada pernikahan kami,padahal aku bukan orang betawi,hihihi.


Singkat cerita,sambutan,tilawah,ceramah,ijab qabul dan tausiyah selesai dilaksanakan dengan lancar. Alhamdulillaah....
 Sekarang,waktunya untuk menandatangi buku nikah.. ^^
Mempelai wanita terlihat sangat anggun dengan abaya putihnya. Wajahnya terlihat bahagia,lenyap sudah rasa dag dig dug menanti-nanti saat janji suci di ikrarkan.


Dan inilah wajah penganti baru,,wajah yang sekarang di dahinya ada tulisan "suami/isteri",wajah yang sekarang harus sama-sama saling memahami,mengerti dan berbagi. Wajah yang akan menanggung tanggung jawab baru sebagai profesinya masing-masing. Wajah yang lega,senang,bingung dan tegang karena akan melakukan sedekah usai acara ini..aiihhh... psstttt...xixixi.


Doa dari kami,semoga pernikahan kalian selalu diberkahi Alloh sampai usia yang memisahkan. Dari kalian akan lahir putra dan putri bangsa yang InsyaAlloh akan merubah Indonesia menjadi lebih baik,,aamiin... :)

Yukk yang belum menikah,segera laksanakan ibadah yang melengkapi setengah agama ini!*ngompor-ngompori ^^



10 komentar:

  1. subhanallah, jarang banget ada nikahan di bulan ramadhan...semoga pernikahannya barakah ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jarang mbak,ada artis yg aku tau zaskia adya mecca :D
      aamiin.. makasih doanya mbak ^^

      Hapus
  2. berkah bulan ramadhan.. waaah ftv lovers detected :D iya yaa katanya adatnya di betawi gt, pake roti buaya.. tak kirain rotinya biasa gt krn kalo disini roti tawar porsi besar namanya roti buaya, ternyata bentukny juga kayao buaya toh :D ikut doakan semoga pasangan ini bisa amanah.. btw, jgn2 sudah hamil ya mbak pengantinnya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kalo ada sutradara bisa jd pilem nih kisah pengantin ini :D
      iya mbak,di betawi roti buaya bentuknya ya buaya gt,,malah kadang ada anak2nya :D
      wah,,aku belum dapet kabar lagi nih mbak sudah hamil belum ya.. mudah2an secepatnya dikaruniai anak,,aamiin ^^

      Hapus
  3. kalau di desa REngel kec Tuban Jawa Timur, nikah malah di malem ganjil bulan ramadhan. bapak saya yang dulu bekerja sebagai "Modin" (P3N) sering kewalahan di malam ganjil 10 hari terakhir.
    Semoga sepupunya menjadi keluarga barokah dan mbarokahi mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh.. gitu ya.. sekarang masih seperti itu ga?
      aamiin,,mkasih doanya ^^

      Hapus
    2. sekarang bapak sudah meninggal,
      tapi menikah di bulan ramadhan masih terus berlanjut mbak

      Hapus
    3. semoga selalu berkah ya mas yg melangsungkan pernikahannya di bln ramadhan

      Hapus
  4. baru tau kalo ternyata prosesi pernikahan bisa malam hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,,setau saya malah lumayan byk yg malem.
      kayak nikahan di gedung,hotel n masjid yg akadnya bada magrib langsung dilanjut resepsi :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^