Kamis, 01 Februari 2018

Tips Mengurangi Rasa Pahit Saat Memasak Daun Pepaya

Hari rabu kemarin saya sedang malas masak dan malas makan. Hiyaaa komplit deh. Kenapa? Kok tumben saya malas makan, biasanya paling doyan makan,eh. Hihi.. entahlah, seperti bosan dengan makanan yang itu lagi itu lagi. Mungkin karena efek tanggal tua yang enggak bisa jajan kali ya.. haha.

Tapi perut ga bisa diajak kompromi. Yaiyalah ya,mending puasa daripada ga puasa tapi ga makan sama sekali. Heu.. dilema memang. Akhirnya saya memutuskan untuk ke warung Mbak Sum. Warung Mbak sum ini adalah warung lauk matang semacam warteg gitu. Biasanya kalau saya sedang tidak masak, saya akan membeli lauk pauk disini.

Hmmm, akhirnya kemarin saya hanya  membeli tumis daun pepaya saja,buat digado siang hari. Tumis daun pepaya bikinan Mbak Sum sangat cocok di lidah saya,oleh sebab itu sayur favorit yang menjadi andalan saya saat malas makan yaa tumis daun pepaya ini, hehe.


Siapa yang suka daun pepaya? Saya pasti ngacung duluan! Eh, ada yang senyum-senyum nih, sepertinya ga doyan ya.. Kenapa ga doyannya? Rasanya yang pahit? Memang ga suka sayur? Atau belum pernah nyobain tapi udah bilang ga doyan?

Tumis daun pepaya akan lebih nikmat jika ditambah teri dan irisan cabai rawit
Nyummmiiiyyy.... 

Hmmm... Rata-rata pasti pada bilang rasanya yang pahit ya. Iya betul, daun pepaya memang pahit. Tidak ada daun pepaya yang tidak pahit. Tapiii ada tipsnya lho biar rasa daun pepaya tidak terlalu pahit. Mau tahu? Okey,akan saya bagi disini caranya:

1. Sebelum direbus, remas-remas terlebih dahulu daunnya dengan garam sampai layu dan mengeluarkan air. Hal yang sama sering saya lakukan pada labu siam. Hanya saja kalau labu siam untuk melayukan dan membuang getahnya.

2. Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10 dimana 3 lembar daun pepaya direbus bersama 10 lembar daun jambu biji. Tapi memang agak sulit untuk mendapatkan daun bijinya ya.

3. Tambahkan satu genggam tanah liat atau batu bata saat merebusnya. Jangan lupa cuci setelah matang agar tetap bersih saat dimakan. Tips ini saya dapatkan dari orang tua kawan saya. Beliau kalau masak daun pepaya pakai tips yang ini.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? ;)
Silahkan dipraktikkan ^^

#onedayonepost
#ODOPbatch5

1 komentar:

  1. IbukIbuk aku kalo masak daun pepaya juga gak pahit kak..
    Cuma waktu ngrebusnya dikasih tanah liat itu..
    Beda dikit ya, resepnya.. hehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^