Rabu, 07 Februari 2018

Soto Betawi dengan Ilmu Kirologi

Beberapa waktu lalu saya bikin soto betawi. Menu ini atas permintaan kekasih hati alias suami tercintah. Yap, demi suami apa sih yang eggak.. eaaaa ^_^

Okeyh..

The first..  soto  betawi ala ala. Alias soto betawi KW super, haha..  Kenapa KW? Karena saya pakai santan bukan susu. Kalau yang asli mah itu pakai susu 😊

Tapi pakai santan hasilnya tak kalah memuaskan loh. Pangeran sholih lahap dan bos besar.. Hmmm... Beliau mah, sampe ga berkata-kata lagi nyantapnya. Lhawong sampe nambah 😅 

Menurut penuturan  beliau, soto ini asli enak pake banget. Alhamdulillaaaah saya bahagia sekali kalau masakan saya dapat diterima lidah orang serumah, apalagi kalau makannya pada lahap plus pakai nambah. 


Mau tahu resepnya? Baiklah.. saya tulis bumbunya disini ya,tapi tanpa ukuran. Maklum, saya kalo bikin masak-masakan enggak pernah sama persis takaran bumbunya. Kecuali baking-baking yaaa.. Itu mah beda. Kalo masakan pakai ilmu kirologi ajah alias kira-kira. Kalo sekiranya kurang, tinggal tambahin 🙈



Bahan:
- daging sapi
- santan
- air
- daun jeruk
- serai
- lengkoas
- kapulaga
- Cengkeh
- kayu manis
- garam
- gula - merica
- air kaldu rebusan daging

Bumbu halus :
- b.merah
- b. Putih
- ketumbar sangrai
- kemiri sangrai
- kencur
- jahe
- kunyit sedikiiit
- cabai merah

Pelengkap:
- irisan seledri
- irisan bawang daun
- potongan tomat
- bawang goreng
- kentang potong dadu kecil tipis  goreng
- emping goreng
-sedikit kecap
-sambal

Cara memasak:
- Rebus daging yang telah dipotong  dadu dengan santan
- tumis bumbu halus sampai harum
- masukan rempah-rempah
- masukan bumbu yang sudah di tumis ke dalam rebusan daging
- masak hingga daging empuk
- tambahkan gula, garam, cicipi rasa
- hidangkan dengan pelengkapnya

Selamat menikmati ^_^

#onedayonepost
#ODOPbatch5

4 komentar:

  1. Masya Allah... pas bgt dr kmrn pengen soto betawi 😆

    Makasih sharingnya mbak 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk dicoba mbak 😍
      Masama mbak 😁

      Hapus
  2. Mba..saya langsung membayangkan sotonya. Semoga kapan-kapan bisa coba eksekusi. -Selvi- ����

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^