Jumat, 30 Januari 2015

Meminimalisir Akhtar dengan Gadget

Sebenarnya saya paling tidak suka kalau Akhtar pegang gadget. Diusianya yang masih 29 bulan,Akhtar masih terlalu dini untuk merasakan ganasnya bahaya gadget. Selain radiasi dan mata yang akan terganggu,juga sosial emosionalnya pasti cenderung tidak berkembang dengan baik. Namun,saya memahami kalau Akhtar perlu juga dikenalkan dengan gadget. Biar gak kuper dan gak gaptek tujuannya,hehe. Soalnya kasian juga kan kalau pas Akhtar lagi main dengan sepupu atau saudaranya yang lagi pegang gadget,Akhtar cuma bisa mupeng ngeliatin dan terkesan gak ngerti dengan gadget. Makanya,bagi kami,gadget untuk Akhtar sekedar memperkenalkan dan memberi tahu cara menggunakannya. Untuk itu saya selalu memutar otak bagaimana caranya Agar Akhtar seminimal mungkin berhubungan dengan gadget. Berikut cara yang saya lakukan:


1. Batasi penggunannya
Hmmm... anak-anak itu pintar. Saya hampir kewalahan kalau Akhtar mulai bertanya tentang ini itu. Apa saja yang dilihat,apa saja yang dirasa aneh,Akhtar pasti bertanya. Dan ketika Akhtar sudah mulai meminta gadget,saya harus cari sejuta alasan untuk mengalihkan keinginannya. Kalau saya bilang,tabnya lagi di cas,Akhtar pasti tahu dimana saya biasa ngecas. Yah..akhirnya saya ngecas di dalam lemari pakai power bank,haha.. seru yah. Terus,karena memang saya sudah menerapkan -tidak akan berbohong- dalam mendidik anak,saya cuma bilang ke Akhtar "nanti yaa main tabnya kalau ayah udah pulang..". Alhamdulillaah Akhtar mengerti. Jadi kalau hari kerja,dari pagi sampai maghrib Akhtar tidak pernah main tab. Tinggal saya yang sebisa mungkin alias ngumpet-ngumpet untuk ngecek notif di tab. Karena semua yang berhubungan dengan dunia luar,ada di tab. Seperti bbm,WA,Line,hangouts,bahkan ngeblog saya pakai tab loh,hihi. Kalau Akhtar sudah tidur siang barulah saya leluasa menggunakan tab. 

2. Atur waktunya
Sesuai yang disepakati,Akhtar selalu nagih main tab kalau ayahnya sudah pulang. its okey.. saya memang sudah janji kan. Maka,saya kasih deh tuh tabnya. Dengan catatan,waktunya tidak boleh lama-lama. Saya biasa memberi waktu paling lama 20 menit. Rata-rata hanya sekitar 15 menit. Untuk menyudahinya,saya dan ayahnya mencari-cari kesibukan. Misal,kami membuat gaduh rumah dengan "oiyaa... bunda sama ayah mau bikin pesawat dari lego ah,yuk Akhtar ikutan bikin yuk..!" atau "ayah sama bunda lagi main lempar/tangkap bola nih.. ada yang mau ikutan ga yaa...?!" Atau "eh eh.. ayah lagi gambar apa ni ya??" Sambil menggambar di buku gambar.

3. Flight mode/airplane mode
Ini yang paling utama. Ketika saya memberikan tab ke akhtar,saya harus mengubah mode ke mode flight. Tujuannya,agar Akhtar tidak terpapar radiasi. Terus,enaknya flight mode ini, kalau Akhtar lagi liat-liat video dan foto,tidak gampang ke share ke medsos,hihi.. karena pernah loh kami lupa flight mode eh ternyata Akhtar sudah ngeshare foto ke grup chat saya. Untungnya foto yang masih normal :D

4. Konsisten
Saya harus konsisten dengan semuanya. Maksud konsisten disini,saya juga tidak akan memegang gadget ketika Akhtar sedang bersama saya. Kalau ada yang penting gimana? Alhamdulillaah,gadget yang saya miliki hanya untuk kebutuhan tersier (ngenet,wa,bbm,line,ngeblog) Jadi ketika saya tidak pegang gadget,ya gak masalah. Untuk kepentingan komunikasi semacam sms atau telepon,saya masih setia menggunakan hp jadul (bukan keypad qwerty apalagi touch screen,makanya Akhtar jarang tertarik :P ) Nomornyapun masih yang lamaaaa... :D

Nah.. saya baru punya 4 cara itu saja,sederhana sekali ya,hehe.. mungkin sahabat bisa menambahkan bagaimana cara meminimalisir anak berhubungan dengan gadget? Bagi-bagi infonya ya.. makasiiih ^_^


Dok.pribadi
Menemani beemain dan mencari kesibukan untuk Akhtar :D

11 komentar:

  1. wah, mbak yuli... punya putra pintar nih harus lebih pintar lagi ya mbak...harus punya banyak ide dan cara untuk mensiasati keinginan anak.

    BalasHapus
  2. poin nomor 4 masih suka aku langgar mbak :) tapi aku akali sih kalau anak2 sekolah aku puas2in

    BalasHapus
  3. ane nyimak aja ah..mba... soalnya belum punya ana masih kuliah pula. jadiin buat reverensi aja...

    oia mba salam kenal.... semoga sang jagoan tumbuh jadi orang yg berbaktikepada kedua orang tuanya aammiinn.....

    BalasHapus
  4. iya nih.. sayang banget ya anak jaman sekrang lebih akrab sm gadget.. beda banget sama jaman kita dulu.. sayang aja jadi kurang bisa menikmati indhnya masa kecil..

    BalasHapus
  5. tapi, katanya jangan sering-sering ngecharge gadget pake powerbank, Mbak. Nanti gadgetnya cepet rusak.

    Kalau saya sebaiknya, tegasin aja, kompromi sama jadwalnya

    BalasHapus
  6. Saya pernah baca artikel, justru pendiri google, microsoft dan petinggi apple tidak memberikan gadget ke anak-anak mereka. Malah anak anak tersebut di masukan ke sekolah khusus dimana mereka bisa main pasir, manjat, trus mainan alami yang bisa merangsang gerak tubuh.. Kontras sekali dengan kita ya mba..

    Saya juga punya masalah mirip mba, anak anak saya susah lepas dari gadget, dan sering rebutan dengan ibu mereka..

    BalasHapus
  7. tips yang bagus untuk di tiru menonaktifkan semua koneksi dengan flight mode. ini juga yang perlu di tiru buat anak-anak yang masih rawan bahaya gadget. karena iklan gadgetnya sering tidak terkontrol meski sudah melalui filter google play store. meski sekarang sudah diminimalisir oleh google namun masih tetap ada.

    BalasHapus
  8. Anak-anak memang harus dibatasi dalam menggunakan gadget, dan empat tips tersebut saya setuju bangeet :)

    BalasHapus
  9. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    BalasHapus
  10. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    BalasHapus
  11. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^