Selasa, 10 April 2018

Manfaat Renang Bagi Anak-anak



Postingan hari ini temanya masih tentang renang. Kalau kemarin alasan mengapa keluarga kami memilih Ocean Park sebagai tempat renang favorit, kali ini saya akan menulis apa saja sih manfaat renang bagi anak-anak. Saya fokuskan untuk anak-anak saja ya.

Mengutip hadis Rasululloh , Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” 
(Sahih Bukhari/Muslim)


Jadi jelas, bahwa renang adalah salah satu olahraga atau kegiatan yang dianjurkan oleh Rosul. Sebagai umat muslim, kita sadar betul apabila Rosul telah memerintahkan sesuatu untuk dikerjakan, itu artinya mempunyai manfaat yang baik untuk umat.

Renang adalah kegiatan fisik yang seluruh anggota tubuh harus bergerak. Walaupun hanya sekedar 'main air' seperti apa yang keluarga kami lakukan, tapi tetap saja semua anggota tubuh pasti bergerak. Nah, kalau semua anggota tubuh sudah bergerak, tentunya banyak sekali manfaat yang akan anak dapatkan. Berikut manfaatnya


1. Melatih Disiplin
Mulai dari yang paling sederhana, anak yang belajar renang tentunya akan belajar untuk mengikuti instruksi baik dari guru ataupun orangtuanya. Dengan belajar mengikuti instruksi, anak akan belajar untuk mengikuti aturan. Kedisiplinannya pun ikut terlatih. Melatih kedisiplinan anak sejak dini akan membuat anak terbiasa dengan pola hidup disiplin. Ini sangat berpengaruh pada jadwal kapan saatnya tidur, makan, belajar dan bermain. Anakpun akhirnya akan terbiasa dengan hidup teratur.


2. Melatih Keberanian
Jika sejak kecil anak diajari untuk berenang, maka ketika menginjak dewasa mereka tidak akan fobia atau takut untuk berenang. Setidaknya, untuk nyemplung dan bermain air sudah lebih rileks. Tidak menangis dan tidak perlu dipaksa untuk masuk ke dalam kolam. Melatih keberanian anak sejak dini akan membuat anak tumbuh dengan mental kuat dan berani dengan tantangan.


3. Meningkatkan kecerdasan anak
Menggerakkan kedua sisi tubuh dengan gerakan yang berpola akan sangat membantu perkembangan otak anak. Gerakan ini mengaktifkan saraf-saraf di otak, terutama pada bagian yang disebut corpus callosum , sebuah daerah di otak yang mengatur komunikasi, umpan balik terhadap rangsang, dan penghantaran rangsang dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial anak.


4. Menambah tinggi badan
Olahraga renang sudah terkenal bermanfaat untuk menambah tinggi badan terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Berenang melatih semua otot-otot tubuh menjadi lebih lentur sehingga membantu anak bertambah tinggi.


5. Lebih sehat
Sudah rahasia umum kalau olahraga renang berdampak positif bagi kesehatan. Renang merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung. Gerakan renang seperti latihan aerobik, mampu memperkuat jantung. Tidak hanya membantu jantung lebih besar, tetapi membantu proses memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik. Selain memperkuat jantung, renang dapat membuat sistem kerja pernafasan akan terlatih sehingga napas bisa menjadi lebih panjang.


6. Sarana rekreasi dan meningkatkan mood
Berenang juga menjadi bagian dari rekreasi yang menyenangkan. Anak menjadi lebih dekat dengan kedua orangtuanya dan teman-temannya. Kalau hati dan pikiran senang, tentu saja anak menjadi lebih nurut dan tidak gampang rewel.


Itulah 6 manfaat renang bagi anak-anak. Jadi, tak ada ruginya mengajarkan anak renang sejak dini.

#onedayonepost
#ODOPbatch5
#kelasnonfiksi

4 komentar:

  1. anak2 asaya kalau renang suka gamau diajak pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak.. Anak2 mah paking seneng kalo udah main air ya😍

      Hapus
  2. Tapi saya nggak bisa berenang...:)

    BalasHapus
  3. Anak saya suka diajak renang sampai gak mau pulang

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^