Jumat, 16 Maret 2018

Oseng Oncom Pedas Manis

Sudah beberapa hari terakhir ini saya pengen banget makan oncom. Tapi setiap kali ke warung, oncomnya ga ada atau kalau adapun jelek. Hiks.

Beruntungnya, kemarin pagi pas ke warung saya melihat oncom berwarna orens merekah. Yuhuuu... Enggak pake nengok kanan kiri langsung saya samber aja deh tuh si oncom yang ngorensnya catiiiik banget.

Nah, berhubung saya dan suami enggak suka leunca, jadinya tiap kali masak oseng oncom, yaa original saja. Tanpa penambahan bahan-bahan yang lainnya, hihi. Ga pake pete? Pengen sih, saya suka pete. Tapi suami itu kalo gak penting-penting banget sama pete, yaa ga bakal mau makanan dicampur pete.

Oseng oncom pedas manis ala saya ini nikmat banget dimakan bersama nasi hangat. Cabai rawitnya sengaja saya banyakin, biar pas makan ada sensasi huhah huhahnya, hihi. Oiya, karena saya suka campuran pedas dan manis, maka saya tambahkan sedikit saja kecap manis saat menumis. Dijamin, bakal nambah-nambah deh makannya.

Mau tau resepnya?


Bagi oncomlovers, resep oseng-oseng oncom sepertinya sudah di luar kepala ya.. Masaknya juga udah tutup mata pasti,ahaha.

Baiklah,akan saya tuliskan disini ya resepnya bagi yang belum pernah masak atau mencicipi oncom. Sederhanaaa banget resep saya ini. Enggak pakai daun-daunan ataupun bumbu dapur blyang berempah-rempah. Cukup duo bawang dan duo cabai ditambah gulgar dan kecap. Jadi deh ;)



Bahan:
1 papan oncom yang bagus (dihancurkan)
Kecap manis 1sdt
Gula 1sdt
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Sedikit air

Bumbu diiris semua:
1/2 butir bawang bombai
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah kering
10 buah cabai rawit merah

Cara Memasak :
1. Tumis bawang bombai hingga harum
2. Masukkan duo bawang, tumis kembali
3. Masukkan duo cabai, tumis kembali
4. Masukkan oncom, oseng-oseng sampai bumbu bercampur rata
5. Masukkan sedikit air agar tidak lengket di wajan
6. Masukkan gula, garam dan kecap.
7. Masak hingga matang. Atur rasa
8. Siap disajikan

Noted:
Penggunaan cabai rawit disesuaikan saja ya,karena saya dan suami pecinta pedas jadinya gila banget sama yang namanya cabai hihi.

#onedayonepost
#ODOPbatch5

4 komentar:

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^