Selasa, 03 Oktober 2017

Pepes Ikan Mas

Sudah beberapa hari ini rasanya saya pengen sekali bikin nasi bakar atau pepes ikan. Saya membayangkan nasi bakar beraroma khas yang diisi cincangan daging ayam atau suwiran ikan tuna yang dimasak pedas manis, wuiihhh pasti hanya dalam waktu sekejap langsung habis masuk ke dalam perut saya, hahaha. 

Kemarin sore, saat saya sedang duduk-duduk santai di halaman depan rumah, sambil mengawasi pangeran sholih bermain dengan teman-temannya, tetiba ada WhatsApp grup masuk. Seorang teman menawarkan ikan mas hasil bapaknya memancing. Dijual dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Teretet tereeet.. Tanpa berpikir panjang saya langsung memesannya.  3 ekor saja. Khawatir kalau kebanyakan malah ga habis.. Hehehe



Pagi tadi, saat langit masih berwarna violet, saya tancap gas menuju ke warung sayur langganan. Saya membeli bahan-bahan untuk keperluan memasak pepes. Alhamdulillaaaah semua bahan yang saya perlukan ada semua di warung. 

Begitu selesai rutinitas pagi yakni mengantar pangeran sholih bersekolah dan bebenah rumah,eksekusi ikan mas dimulai. Walau awal-awal sempat terjadi tragedi. Telunjuk tangan kiri saya teriris pisau. Darah yang keluar lumayan banyak. Tapi tenang.. Semuanya sudah berlalu dan telunjuk saya sudah baikan kok.. Ehehehe.  

Nih nih.. Buktinya.
Taraaaaa...  Pepes ikan mas a la bunda Akhtar 😅




Suweerr,, pepes ikannya enak pake bangettt. Ga pengen berhenti makannya. Mau coba bikin yang maknyoz seperti ini? Yuk diliat resepnya 😊


Bahan:
2 ekor ikan mas + 2 butir jeruk nipis, peras airnya.

Bahan I:
dihaluskan
- 3 ruas jari kunyit
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 3 ruas jari jahe
- 10 butir bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 12 buah cabai merah keriting atau sesuai selera
- 5 butir cabai rawit merah
- 1 sendok makan ketumbar bubuk
- 8 butir kemiri, sangrai

Bahan II:
- 4 buah cabai merah, buang bijinya, rajang melintang halus
- 6 butir cabai rawit merah, belah menjadi dua bagian
- 10 lembar daun jeruk, sobek-sobek
- 2 batang daun bawang, rajang kasar
- 4 buah belimbing wuluh, potong melintang setebal 1 cm
- 2 buah tomat merah, rajang tipis
- 4 lembar daun salam, sobek kasar

Bahan III:
- 1 sendok makan garam
- 2 - 3 sendok makan gula merah sisir

Bahan lainnya:
- segepok daun pisang yang cukup untuk membungkus 2 ekor ikan
- 10 lembar daun salam untuk mengalas pepes
- 2 ikat kemangi, petik daunnya
- tali atau lidi untuk menyemat

Cara memasak:
- Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, hingga seluruh sekujur badan ikan dan bagian dalam rongga badannya terlumuri. Masukkan sisa potongan kulit jeruk yang telah diperas airnya ke dalam rongga perut ikan dan bagian kepala. Diamkan ikan selama 15 menit, cuci dan bilas ikan hingga bersih, siap digunakan.
- campur bumbu halus (bahan I) dengan bahan II dan III. Aduk rata. Cicipi. Jika kurang asin, bisa ditambahi garam
- ambil daun pisang. Tata daun salam diatasnya, kemudian taruh bumbu sebagian, kemudian letakkan ikan diatas bumbu. Lumuri lagi ikan dengan bumbu sampai permukaan ikan tertutup bumbu. Taburi daun kemangi di atasnya.
- lipat hati-hat pepesnya. Saya menggunakan tali sisa daun pisang untuk mengikat pepesnya.
- lakukan kembali pada ikan kedua.
- kukus selama 30 menit
- pepes siap dihidangkan dengan nasi hangat

Jika ingin dibakar, bisa dibakar di atas teflon.

Selamat mencoba... 😉


6 komentar:

  1. Suami favorite banget sama pepes ikan mas, catat ah resepnya nanti mudah - mudahan bisa bikin sendiri hehe.

    BalasHapus
  2. Anonim5/10/17

    ulasannya lengkap dan disertai tutorial yang lengkap juga kece dah

    BalasHapus
  3. Hm, dari sini kelihatan enaaaak. Andai dekat, mau deh saya pura-pura bertamu pas Mbak Yulita masak ikan pepesnya :))

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^