Kamis, 19 April 2018

Semua Akan Balik ke Diri Sendiri

Saya ingin menuliskan sebuah cerita yang mungkin beberapa diantara teman-teman sudah sangat familiar dengan kisahnya. Tapi tak mengapa, semoga selalu ada hikmah di dalam kisah ini.

Disuatu negeri yang bernama Tanpa Nama,hiduplah seorang raja dan 3 orang  menterinya, sebut saja, Dada Didi dan Dodo. Suatu ketika, ketiga menterinya itu berbuat salah kepada sang raja. Sang raja pun berdiskusi dengan kepala tabib kerajaan, kepala koki kerajaan, kepala perang kerajaan dan kepala keamanan kerajaan untuk memutuskan hukuman apa yang layak diterima untuk ketiga menterinya itu. Setelah diskusi selesai, sang raja akhirnya memanggil dan mengumpulkan ketiga menterinya itu.

Kemudian Sang Raja pun berkata: "Wahai menteri-menteriku,,sebagai hukuman atas kesalahan kalian aku memerintahkan agar kalian membawa buah-buahan sebanyak satu karung sebagai hadiah untukku".

Maka pada hari yang telah ditentukan,ketiga menteri itupun sudah siap dengan karungnya masing-masing. Menteri Dada yang sangat menyayangi sang raja,menghadiahi sang raja satu karung buah-buahan yang manis dan segar.


Menteri Didi yang sangat sakit hati karena dihukum sang raja,ia menghadiahi satu karung buah-buahan yang sudah busuk dan masam.

Sedangkan Menteri Dodo yang berpikiran bahwa sang raja sangat sibuk sehingga tidak akan memeriksa isi karung yang dibawanya,maka iapun menghadiahi sang raja satu karung rerumputan. (yang ini  beda sendiri ya )

Akhirnya tibalah mereka bertiga di hadapan sang raja.

"Wahai menteri-menteriku,aku ucapkan terima kasih kepada kalian, karena kalian telah menuruti apa perintahku. Dan kalian masih setia kepadaku dengan memberiku hadiah satu karung buah-buahan kepadaku. Tapi hukuman belum berakhir sampai disini,kalian akan aku penjarakan dulu selama satu bulan..." begitu ucap sang raja kepada ketiga menterinya.

Maka sang Raja memanggil kepala keamanan kerajaan untuk memenjarakan mereka bertiga seraya berkata: "Jangan beri mereka makanan kecuali dari isi karung milik mereka masing-masing!"

Begitulah teman-teman ceritanya...
Jadi sudah dapat dipastikan bahwa menteri Dada sangat kenyang karena karungnya berisi buah-buahan yang amat manis dan segar. Menteri Didi mungkin saja kelaparan, karena karungnya berisi buah-buahan yang sudah busuk dan tak layak makan. Sedangkan untuk menteri Dodo, bisa-bisa dia mati di penjara karena tidak ada makanan selain rumput miliknya.

Hikmahnya, apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Semua yang kita lakukan baik dan buruk pasti akan balik lagi ke diri sendiri.

#onedayonepost
#ODOPbatch5
#kelasnonfiksi

1 komentar:

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^