Selasa, 17 April 2018

Gulai Kacang Panjang

Saya menamai sayur ini dengan nama gulai kacang panjang. Kok gulai?  Padahal rasanya ga mirip-mirip amat dengan gulai daun singkong ataupun nangka. Hmmm... Karena bumbu 6ang dipakai mirip sih, hanya lebih simpel saja. 

Biasanya saya bikin sayur ini kalau sedang bosan dengan sayur bening ataupun tumis-tumisan. Pasti tahulah ya alasannya, karena santan tidak baik dikonsumsi sering-sering. 

Sebagai tambahan, biasanya saya mencampurkan tahu/tempe atau telur ke dalam sayuran ini. Tujuannya sederhana, agar isinya bervariasi dan warnanya tidk hanya hijau. 

Hari ini karena lauknya sudah ada ayam goreng, maka kali ini sayurnya hanya saya tambahkan tempe sebagai pelengkap. Yang pasti rasanya tetap joss. 

Akhtar suka dengan semua jenis sayur asalkan tidak pedas. Jadi, saya bikin sayur ini tidak terlalu pedas dan tidak terlalu kental. Tapi tetap memakai cabai, agar warnanya terlihat cantik. 

Bumbu-bumbu yang digunakanpun simpel, tidak seperti gulai asli pada umumnya yang menggunakan rempah-rempah sangat lengkap. Baik, langsung saja saya tulis ya resepnya.

Bahan:
1. 1 ikat kacang panjang, potong
2. 1 papan tempe, potong dadu
3. 3 batang serai, memarkan
4. Lengkoas,memarkan
5. 2 lembar daun salam
6. 2 lembar daun jeruk purut,sobek
7. Santan 60mL diencerkan dengan 600mL air 
8. Bawang goreng

Bumbu dihaluskan:
1. 6 butir baaang merah
2. 2 butir bawang putih 
3. 2 buah cabai merah (bisa ditambahkan apabila ingin pedas) 
4. 1 ruas kunyit
5. 2 ruas jahe, memarkan
6. 1/2 sdt jinten
7. 1/2 sdt ketumbar
8. 2 butir kemiri
9. Gula
10. Garam
11. Minyak untuk menumis

Cara memasak:
1. Tumis bumbu halus hingga harum
3. Masukan jahe, lengkoas, serai dll
3. Masukan kacang panjang, oseng-oseng
4. Tambahkan santan, aduk-aduk
5. Masukan tempe, aduk kembali sampai semua matang
6. Tambahkan gula dan garam, atur rasa
7. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng




Cukup mudah bukan?  Untuk pelengkapnya, tinggal disesuaikan saja dengan keinginan. Yuk silahkan dicoba resepnya. Kalau agak pedas pasti lebih nikmat ^^

#onedayonepost 
#ODOPbatch5 
#kelasnonfiksi

3 komentar:

  1. Bumbunya sama cuma saya minus jahe karena kurang suka aromanya di sayur.

    BalasHapus
  2. Asyikk dapet resep baru... Kapan2 nyoba ahh..
    Makasih resepnya mbak yulita...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya ya..
Silahkan tinggalkan komentar sesuka hati asal sopan dan tunggu kunjungan balik saya ke blog teman-teman^^